Waspada
Waspada » Prof Syahrin Harahap: Serentak Bergerak Bangun Pendidikan
Headlines Medan Pendidikan

Prof Syahrin Harahap: Serentak Bergerak Bangun Pendidikan

 

MEDAN (Waspada): Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut), Prof Dr Syahrin Harahap (foto) mengatakan, ada dua kata kunci menjadi titik awal dalam membangun dunia pendidikan.

Pertama, serentak bergerak.

“Filosofi bergerak (pergerakan), adalah filosofi dari Islam karena tidak ada satupun ajaran Islam yang tidak mengandung nilai pergerakan,” kata Prof Syahrin Harahap dalam sambutnya pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5).

Bergerak bersama, menurut Prof Syahrin mengandung makna dinamis, kebersamaan, dan kesadaran bahwa dunia selalu berubah.

Sehingga tantangan yang dihadapi mengalami perubahan sangat cepat dan bersifat sulit diprediksi.

“Kesadaran bergerak bersama, menjadi modal kita untuk menghadapi setiap persoalan yang terjadi,” katanya seraya menambahkan, sebagaimana Tema Hardiknas 2021 adalah “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Kemudian, lanjut Prof Syahrin, kunci kedua adalah, merdeka belajar.

Alhamdulillah, Indonesia saat ini mengalami kesadaran baru dalam merdeka belajar.

Dunia pendidikan bersifat universal dan terbuka.

Tidak lagi dibatasi oleh sekat, ruang dan strata sosial.

“Kita atau anak kita, dapat mengakses perkembangan ilmu pengetahuan di mana saja. Bukan saja di ruang kelas, di sekolah, atau universitasnya, tapi dapat mengakses ilmu di manapun ilmu itu dapat diperoleh. Hal ini akan membawa bangsa Indonesia lebih maju di masa yang akan datang,” sebutnya.

Katanya, merdeka belajar juga bagian integral, dari semangat paradigma pengembangan keilmuan UIN Sumut, integrasi pengetahuan atau wahdatul ulum.

Karena paradigma ini menuntun kita, bahwa semua ilmu bersumber dari Allah SWT, ilmu itu adalah satu atau kita sebut dengan wahdatul ulum.

Karena itu, tambahnya, kesadaran terhadap “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”, harus menjadi kesadaran umum bagi kita terutama para akademisi dan civitas akademika universitas, khususnya UIN Sumut

“Kita harus bergerak bersama dan merdeka dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, membimbing kita, membantu kita, agar bangsa ini di masa yang akan datang lebih terpelajar sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia atau bahkan kita mempelopori perkembangan peradaban. Semoga Allah SWT menolong kita,” demikian Prof Syahrin. (m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2