Waspada
Waspada » Pria Aceh Timur Tewas Terpanggang
Aceh Headlines

Pria Aceh Timur Tewas Terpanggang

GARIS POLISI: Untuk memudahkan penyelidikan, polisi memberikan garis polisi di lokasi rumah yang terbakar di Desa Abeuk Geulanteu, Madat, Aceh Timur, Sabtu (17/7). Waspada/M Ishak/B
GARIS POLISI: Untuk memudahkan penyelidikan, polisi memberikan garis polisi di lokasi rumah yang terbakar di Desa Abeuk Geulanteu, Madat, Aceh Timur, Sabtu (17/7). Waspada/M Ishak/B

IDI (Waspada): Salah seorang warga tewas terpanggang saat rumahnya terbakar di Desa Abeuk Geulanteu, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (17/7) sekira pukul 03:00.

Korban yang meninggal dunia Ir Muslim Bin Ismail, 60, warga Dusun Tanjung, Desa Abeuk Geulanteu, Madat, Aceh Timur. Saat terjadi kebakaran, Ir Muslim, tidur sendirian di rumahnya, kerena ibunya sedang melaksanakan ibadah suluk di sebuah Pondok Pesantren (Ponpes) atau dayah terdekat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan, kebakaran tersebut pertama kali diketahui Tgk. Jailani, yang rumahnya persisnya didepan rumah Ir. Muslim. “Terdengar suara pecahan kaca. Sesekali terdengar suara orang minta bantuan, sehingga saya keluar,” kata Tgk Jailani.

Setelah membuka pintu, Tgk Jailani tersentak melihat kobaran api disertai kepulan asap yang membakar rumah Ir. Muslim. “Mencoba masuk ke dalam rumah, tapi tidak bisa, karena terkunci dari dalam. Lalu saya dobrak, tapi apibdi ruang tengah sangat besar, sehingga mencoba mencari air untuk memadamkan api,” kata Tgk Jailani, didepan petugas kepolisian.

Belum sempat api dipadamkan, Ir Muslim, yang berada kamar tidur tidak lagi terdengar suara. Tak lama kemudian, warga berhamburan ke lokasi. Sebagian juga langsung menghubungi pemadam kebakaran (damkar) dan pihak kepolisian dari Polsek Madat.

Selang beberapa saat, tiga unit damkar tiba di lokasi untuk memadamkan api. Setelah api dipadamkan sekira pukul 04:00 Wib, jasad Ir Muslim tergeletak persis di ruang tidur. Tidak ada barang yang dapat diselamatkan, karena bangunan rumah berkontruksi semu permanen memudah api dengan cepat menyambar seluruh bagian rumah.

Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro SIK MH, melalui Kapolsek Madat Ipda Krisna Nanda Aufa, dikonfirmasi Waspada, membenarkan adanya kebakaran itu. Bahkan salah satu penghuni rumah juga meninggal dunia akibat terperangkap dalam kebakaran.

“Tiga unit damkar dibantu personel Polsek Madat dan Koramil Madat serta warga ikut memadamkan api. Tapi tidak ada yang dapat diselamatkan, karena api dengan cepat menyambar ke seluruh bagian rumah. Bahkan salah seorang penghuni rumah juga ikut meninggal dunia dalam kebakaran rumahnya,” kata Krisna.

Selidiki

Untuk penyebab kebakaran rumah berukuran 6X10 meter itu masih dakam penyelidikan polisi. “Belum diketahui penyebab kebakaran. Namun penyelidikan sudah mulai dilakikan, bahkan tim khusus dari Unit Identifikasi Satreskrim Polres Aceh Timur, sudah turun ke lokasi,” timpa Krisna.

Bantuan Disalurkan

Kepala Dinas Sosial Aceh Timur Ir. Elfiandi, Sp.1, melalui Kabid Linjamsos Saharani, MA, terpisah mengatakan, pihaknya sudah turun ke lokasi kebakaran untuk menyalurkan bantuan masa panik, ssperti beras, air aqua, pakaian, gula, roti, dan minyak goreng, kain sarung, matras, dan lain-lain.

“Kita ikut berduka atas meninggalnya warga dalam musibah kebakaran ini. Semoga keluarganya tabah menghadapi cobaan ini, apalagi korban kabarnya juga berstus duda dan selama ini menetap bersama ibunya, tapi saat kebakaran ibunya sedang melaksanakan ibadah suluk menjelang Idul Adha 1442 hijriyah,” demikian Saharani MA. (b11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2