Waspada
Waspada » Presiden Diminta Lakukan Perombakan Struktur Anggaran
Headlines Medan

Presiden Diminta Lakukan Perombakan Struktur Anggaran

MEDAN (Waspada): Pengamat Politik Shohibul Anshor siregar meminta Presiden Joko Widodo melakukan perombakan struktur anggaran yang sudah ditetapkan.

Caranya dengan menjangkau rakyat langsung di Kabupaten, Kota dan Provinsi.

“Berapa jumlah Kabupaten dan Kota seIndonesia? Beri stimulus paling kecil berjumlah Rp1 triliun. Kabupaten dan Kota yang lebih besar berikan lebih banyak sekitar Rp1,5 triliun. Sedangkan untuk Provinsi kucurkan Rp 5 sampai Rp 10 triliun, sesuai ukuran kecil besar penduduk dan wilayah. Memang sangat diperlukan komunikasi substantif antara daerah dan pemerintahan nasional agar terdapat keseiramaan dalam menangguklangi pandemi Covid-19 ini,” ujarnya kepada Waspada, Kamis (6/8) menanggapi pernyataan Jokowi yang jengkel lantaran realisasi anggaran stimulus untuk penanganan Covid-19 masih minim.

Dikatakan Sohibul, selama ini pemerintahan nasional terkesan merasa dirinya lebih penting, padahal yang akan diselamatkan ialah penduduk dan ekonomi nasional.

Ambivalensi diantara pilihan mendahulukan keselamatan penduduk dengan menangani pandemi atau mengutamakan konsolidasi ekonomi sangat kentara dalam performance pemerintah.

“Tak ada manfaat marah. Covid-19 makin mengganas, taraf hidup rakyat merosot, unfaedahlah marah,” tuturnya. (h01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2