Waspada
Waspada » Polri Beri Lampu Hijau
Headlines Olahraga

Polri Beri Lampu Hijau

JAKARTA (Waspada): Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyatakan bahwa Liga 1 dan Liga 2 Indonesia kemungkinan bisa dilaksanakan pada tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kerjasama Baintelkam Polri, Kombes Pol Budi Sajidin dalam seminar daring yang diikuti di Jakarta, Rabu (3/1).

“Kemarin saya mendapatkan informasi dari Asisten Operasi Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto yang menyatakan bahwa kegiatan liga sepakbola kemungkinan bisa dilaksanakan. Ini sudah dipertimbangkan,” ujar Budi.

Meski demikian, dia mengingatkan kembali bahwa pelaksanaan liga wajib menaati protokol kesehatan ketat demi mencegah Covid-19. Salah satu permintaan Polri adalah semua pertandingan berlangsung tanpa penonton.

“Pada prinsipnya, kami sayang kepada masyarakat. Kami ingin kegiatan ini maju dan bisa berkompetisi kembali,” tutur Budi.

Pernyataan Budi jadi semacam lampu hijau bagi PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) karena sebelumnya Polri sama sekali tidak memberikan izin untuk menggelar Liga 1 dan 2 yang membuat musim 2020 terpaksa dihentikan total.

Menurut Budi, Polri ketika itu belum memberikan izin karena mereka menaati peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan telegram Kapolri.

Namun, setelah berdiskusi dengan banyak pihak termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang turut berkomunikasi dengan Polri, Budi menyebut Polri siap memberikan izin pelaksanaan liga.

Hal ini berlaku pula untuk cabang olahraga lainnya. Budi pun mengingatkan, seperti sepakbola, cabang-cabang olahraga lain juga harus mengajukan permohonan izin dan melampirkan beragam kelengkapan administrasi terutama dalam kaitan pencegahan Covid-19.

“Tolong bersurat ke Mabes Polri, mengajukan kegiatan olahraga. Lampirkan persyaratan-persyaratan protokol kesehatan ketat dan dilampirkan pula surat dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, rekomendasi KONI dan Menpora, agar nanti dibahas di Mabes,” tuturnya.

PT LIB sendiri berencana menggelar Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021 setelah Hari Raya Idul Fitri. Sebelum itu, jika izin Polri sudah ke luar, PSSI dan PT LIB berencana melangsungkan kompetisi pramusim sebelum Lebaran.

 

Tiru Eropa

Sementara itu, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menyebut bahwa jadwal Liga 1 Indonesia musim terbaru bisa saja meniru liga-liga top Eropa.

“Itu memungkinkan kalau Liga 1 berlangsung sampai tahun 2022. Ini ideal juga bagi klub agar dapat pemain bagus dari Eropa,” ujar Akhmad Hadian, Rabu.

Sebagai informasi, dalam keadaan normal, liga-liga sepakbola top Eropa seperti Inggris, Spanyol, Italia dan Jerman kerap memulai musim kompetisinya pada Agustus dan berakhir pada bulan Mei tahun berikutnya.

Namun, dia melanjutkan, semuanya masih gambaran karena LIB terus menggodok soal penjadwalan Liga 1 2021, bersama dengan persiapan-persiapan teknis lain. Terkait pelaksanaan, salah satu hal yang hampir pasti adalah durasi musim terbaru adalah tahun 2021-2022.

Menurut Akhmad Hadian, sulit untuk menuntaskan Liga 1 yang rencananya berlangsung setelah Lebaran, pada tahun 2021. “Terlalu mepet kalau harus selesai tahun ini. Apalagi selama 2021 kan ada beberapa agenda seperti PON, SEA Games,” tutur dia. (m18/ant)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2