Waspada
Waspada » Polresta Deliserdang Buru Komplotan DPO Bandar Narkoba Serang Petugas Hingga Rusak Mobil BNNK Deliserdang
Headlines Sumut

Polresta Deliserdang Buru Komplotan DPO Bandar Narkoba Serang Petugas Hingga Rusak Mobil BNNK Deliserdang

KASAT Reskrim Kompol Muhammad Firdaus saat memberikan keterangan kepada wartawan Rabu (5/8) sore. Waspada/Edward Limbong
KASAT Reskrim Kompol Muhammad Firdaus saat memberikan keterangan kepada wartawan Rabu (5/8) sore. Waspada/Edward Limbong

DELISERDANG (Waspada): Personel Satreskrim Polresta Deliserdang masih memburu atau mengejar terhadap komplotan Daftar Pencarian Orang (DPO) bandar narkoba jenis sabu berinisial IP yang diduga menyerang petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Deliserdang, yang hingga mengakibatkan satu unit mobil milik BNN Deliserdang ringsek (rusak) di Desa Regemuk, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Rabu (5/8) .

“Untuk diduga pelaku (perusakan) saat ini kami sudah melakukan pengejaran terhadap para pelaku, tindakan lainnya kami akan melakukan pemeriksaan saksi saksi di TKP (Tempat Kejadian Perkara) pada saat itu,” kata Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi melalui Kasat Reskrim Kompol Muhammad Firdaus, Rabu (5/8) sore.

Kompol Firdaus menjelaskan, penyerangan terhadap petugas BNNK Deliserdang yang mengakibatkan rusaknya sebuah mobil operasional BNNK Deliserdang, Satreskrim Polresta Deliserdang sudah melakukan olah TKP.

“Tindakan yang kami lakukan terkait perusakan mobil BNNK Deliserdang, pertama kami sudah melakukan olah TKP dan mengevakuasi mobil Avanza dari TKP ke Mapolresta Deliserdang untuk menjadi barang bukti,”jelasnya.

Kompol Firdaus mengakui bahwasanya, mereka sampai saat ini baru memeriksa pelapor yakni Kasi Pemberantasan BNNK Deliserdang.

Untuk penyerangan yang berujung perusakan tersebut, karena diduga DPO bandar narkoba itu dilakukan penangkapan dan terduga pelaku melakukan provokasi.

“Motifnya untuk saat ini diduga pelaku menguasai barang berupa narkotika yang pada saat itu dilakukan penangkapan oleh BNNK Deliserdang dan para pelaku berupaya melarikan diri dengan memprovokasi warga, sehingga warga ikut juga melakukan perusakan mobil milik BNNK Deliserdang,” sebut Kompol Firdaus.

Kompol Firdaus pun mengakui akan memeriksa sejumlah warga yang di TKP bila terbukti melakukan penyerangan maka akan ditindak tegas.

“Ya nanti kami akan melakukan pemeriksaan (warga), apabila terbukti warga tersebut melakukan perusakan akan kita proses dan tindak tegas,” tandasnya.

Sementara sebelumnya Akibatnya, satu unit mobil milik BNN Deliserdang ringsek diduga dirusak oleh komplotan bandar narkoba.

Kepala BNN Kabupaten Deliserdang, AKBP Safwan Khayat menjelaskan, kronologis penyerangan tersebut dimana pihaknya pada saat menangkap DPO bandar narkoba jenis sabu di Desa Regemuk, Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang.

Penangkapan itu dilakukan petugas BNN Deliserdang sebut AKBP Safwan, karena sebelumnya pada sekitar bulan Desember 2019, mereka melakukan penangkapan sebanyak tiga orang di desa tersebut.

Kemudian saat itu satu orang yang berinisial IP melarikan diri.

Untuk tiga orang yang ditangkap itu AKBP Safwan mengatakan saat ini sudah lanjut ke tahap persidangan.

“Untuk IP kita jadikan DPO, kemudian kita cari informasi teryata (tadi) yang bersangkutan ada di lokasi, lalu kita hubungi Kepala Desa, Kepala Dusun. Dan bersama sama Kepala Desa dan Kepala Dusun kita tangkap dan (IP) dapat. Karena ada laki-laki lain disitu kita (juga) geledah dapatlah barang bukti empat paket (diduga sabu),” katanya. (a16)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2