Waspada
Waspada » Polisi Tangkap Otak Pelaku Perusakan Tanaman Tebu PTPN II
Headlines

Polisi Tangkap Otak Pelaku Perusakan Tanaman Tebu PTPN II

RG, 49, yang ditangkap Polrestabes Medan. Polisi tangkap otak pelaku perusakan tanaman tebu PTPN II. Waspada/Ist
RG, 49, yang ditangkap Polrestabes Medan. Polisi tangkap otak pelaku perusakan tanaman tebu PTPN II. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Polisi dari Reskrim Unit Pidum Polrestabes Medan tangkap otak pelaku perusakan tanaman tebu PTPN II Sri Semayang, yang diracun dan ditebang seluas 2.000m2 dalam penyergapan di Jl Kapten Muslim Helvetia.

Polisi Tangkap Otak Pelaku Perusakan Tanaman Tebu PTPN II diketahui berinsial  RG, 49, PNS, warga Jl. Wagimin, Kec. Kaban Jahe.

Tersangka kemudian diboyong ke Polrestabes Medan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Kasat Reskrim Kompol Martuasah Tobing melalui Kanit Pidum Iptu Yunnan yang dikonfirmasi, Minggu (30/11) membenarkan tersangka RG, ditangkap berdasarkan pengakuan empat tersangka sebelumnya yang mengaku disuruh RG membabat dan meracun kebun tebu PTPN II Sei Mencirim.

“Pengakuan tersangka H dan tiga tersangka lainnya mereka diperintahkan RG membabat dan meracun tanaman tebu,” kata Iptu Yunnan.

Dijelaskan Yunan, dalam kasus ini tersangka dikenakan Pasal 170 dan atau Pasal 406 KUHPidana yakni Tindak Pidana secara bersama-sama dimuka umum melakukan perusakan terhadap barang.

Ini sesuai dengan Laporan polisi No : LP / 2758/ XI/ 2020 / SPKT Restabes Medan Tgl 05 November 2020 Pelapor an. Musliman. Peristiwa perusakan itu terjadi Kamis (5/12) sekira pukul 11:30 WIB di Jl. Pabrik Aspal, Sei Mencirim, Kec. Sunggal, Kab. Deli Serdang.

Tanaman

Waktu itu, Musliman, Dandru Satpam Kebun PTPN II Sei Mencirim, melihat tanaman tebu PTPN II di racun dan ditebang seluas 2.000m2 yang dilakukan H dan tiga temannya yang diperintahkan RG.

Seterusnya pelapor membawa tersangka ke Kantor DP II, selanjutnya datang Kapam PTPN II Serda Parmohonan Harahap dan membawa para tersangka ke Polrestabes Medan.

Atas kejadian tersebut pihak PTPN II mengalami kerugian selanjutnya membuat pengaduan ke Polrestabes Medan guna dilakukan pemeriksaan.

Dijelaskan. iptu Yunnan, dari hasil pemeriksaan para tersangka mengaku mereka hanya disuruh RG melakukan penebangan dan meracun tanaman tebu milik PTPN II.

Polisi kemudian melakukan penyidikan dan berhasil mendapat informasi keberadaan RG di Jl. Kapten Muslim Helvetia. “RG ini merupaka pelaku yang meyuruh tersangka H dan kawan-kawan melakukan perusakan di Jl. Pabrik Aspal Lahan PTPN II Sei Semayang,” kata Yunnan.

Selanjytnya personil mengamankan tersangka RG dan kemudian memboyong ke Polrestabes Medan untuk dilakukan pemeriksaan. (m25)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2