Waspada
Waspada » Polemik Reposisi Fraksi PAN DPRD Medan Dinilai Contoh Buruk Berorganisasi
Headlines Medan

Polemik Reposisi Fraksi PAN DPRD Medan Dinilai Contoh Buruk Berorganisasi

Wakil Ketua DPD PAN Medan, Bambang Susilo, Ketua Ketua DPD BM PAN Kota Medan, Muhammad Rasyid Ridha Tambunan, Ketua Bidang Pengkaderan DPD PAN Kota Medan, Rinaldi dan Ketua Komite Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) DPD PAN Kota Medan, Zufrijal SE, saat memberi keterangan kepada Waspada, Jumat (10/7). Waspada/Yuni Naibaho
Wakil Ketua DPD PAN Medan, Bambang Susilo, Ketua Ketua DPD BM PAN Kota Medan, Muhammad Rasyid Ridha Tambunan, Ketua Bidang Pengkaderan DPD PAN Kota Medan, Rinaldi dan Ketua Komite Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) DPD PAN Kota Medan, Zufrijal SE, saat memberi keterangan kepada Waspada, Jumat (10/7). Waspada/Yuni Naibaho

MEDAN (Waspada): Reposisi ketua dan sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Medan yakni Edwin Sugesti Nasution dan Abdul Rahman Nasution menjadi polemik diinternal partai berlambang matahari itu.

Dituding tidak memenuhi AD/RT partai, kebijakan reposisi tersebut menunjukkan contoh buruk dalam memimpin organisasi.

“Sebagai kader muda DPD PAN Medan perlu mengingatkan kepada ketua DPD Medan untuk memberi contoh yang baik kepada seluruh kader dalam setiap mengambil keputusan melalui musyawarah dan mufakat,” ujar Ketua Ketua DPD BM PAN Kota Medan, Muhammad Rasyid Ridha Tambunan, kepada Waspada, Sabtu (11/7).

Dikatakannya, keputusan reposisi fraksi PAN DPRD Medan terkesan dipaksakan sebab tidak ada diagendakan, namun justru di pertemuan silaturahmi di ambil keputusan tersebut.

Padahal pembentukan fraksi sebelumnya diputuskan pada rapat resmi Pengurus Harian (PH) yang dihadiri seluruh pengurus harian DPD PAN Kota Medan.

“Jadi titik permasalahan polemik reposisi fraksi PAN DPRD Medan ini karena tidak ada transparansi ketua terhadap seluruh kader,” ucapnya yang juga Wakil Ketua DPD PAN Medan ini.

Seharusnya, kata Ridha, kinerja fraksi sebelumnya kan harus dievaluasi dulu bukan langsung mengambil keputusan.

“Harapan kami yang memimpin DPD PAN Medan bisa memberi contoh baik kepada kami kader muda agar ke depannya kami menjalankan partai ini dengan baik pula,” tuturnya.

Diketahui, baru berjalan sekitar 9 bulan, Fraksi PAN DPRD Medan akan merombak komposisi personalia fraksinya yakni ketua dan sekretaris.

Pergantian itu sudah dijadwalkan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Medan yang akan diparipurnakan pada Selasa 14 Juli 2020.

Sebelumnya Ketua Komite Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) DPD PAN Kota Medan, Zufrijal SE bersama Wakil Ketua DPD PAN Medan, Bambang Susilo, meminta keputusan reposisi itu ditunda sampai ada pengambilan keputusan sesuai AD/RT partai.

Harusnya kalau reposisi ini bentuk sanksi kepada kedua anggota DPRD tersebut, terlebih dahulu surat peringatan dan diadakan rapat meminta klarifikasi.

“Kami sudah mengundang Edwin Sugesti dan Abdul Rahman Nasution secara langsung meminta penjelasan terkait masalah berkembang tentang reposisi fraksi PAN di DPRD Medan. Ternyata hal yang dituduhkan yakni kedua anggota dewan tersebut tidak membayar kontribusi kepada partai telah terbantahkan. Artinya pengambilan keputusan reposisi fraksi harus dibatalkan, apalagi keputusan tersebut yang diambil pada 25 Juni 2020 kemarin tidak sesuai mekanisme dan hanya dihadiri 12 orang pengurus harian disaat kondisi hujan badai,” ungkapnya. (h01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2