Waspada
Waspada » Poldasu Kawal Ketersediaan Pangan
Headlines Medan

Poldasu Kawal Ketersediaan Pangan

RAPAT koordinasi Poldasu dan MUI Sumut terkait Covid-19 di kantor MUI Jalan Sutomo Ujung, Medan, Senin (6/4). Waspada/Ist
RAPAT koordinasi Poldasu dan MUI Sumut terkait Covid-19 di kantor MUI Jalan Sutomo Ujung, Medan, Senin (6/4). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Kepolisian Daerah Sumut akan mengawal ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat selama diberlakukannya social distancing, dan akan menindak tegas siapapun yang menaikkan harga atau melakukan penimbunan bahan pangan.

Penegasan itu disampaikan Kapoldasu Irjen Pol. Martuani Sormin saat menggelar rapat koordinasi terkait Covid-19 dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut di kantor MUI Sumut Jl. Sutomo Ujung Medan, Senin (6/4).

Ia mengatakan, untuk mengawal ketersediaan bahan pangan akan berkoordinasi dengan pengusaha kecil dan menengah, agar kegiatan perekonomian tidak terhenti. “Jangan khawatir, dan tetap jaga kesehatan. Bersama-sama kita pasti bisa mencegah penyebaran virus corona,” kata Kapolda.

Ia juga mengatakan, meski jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumut saat ini terjadi penurunan, namun bukan berarti masyarakat dapat lengah dan berkumpul diluar rumah.

“Sesuai arahan pemerintah,  masyarakat diminta untuk selalu menggunakan masker karena virus corona tidak kasat mata ini dapat menular saat bersin dan batuk. Oleh karena itu harus dilakukan pshycal distancing atau jaga jarak,” jelasnya.

Menurutnya, Polda Sumut bersama stakeholder lainnya telah melakukan berbagai langkah pencegahan, seperti memberi imbauan kepada masyarakat serta melakukan penyemprotan disinfektan disejumlah kawasan di Kota Medan. Selain itu melakukan penyemprotan secara masif diseluruh wilayah Sumut yang dilakukan Polres jajaran.

“Di Mako Polda Sumut dan Polres jajaran Polda Sumut wajib menyiapkan tempat cuci tangan dan penyemprotan disinfektan bagi masyarakat dan pers. Polda Sumut dan Polres jajaran juga rutin memberikan imbauan agar masyarakat tidak bepergian, dan keluar rumah apabila ada hal mendesak dan sangat penting,” terangnya.

Sementara, Ketua MUI Sumut Prof Abdullah Syah mengatakan, penyebaran virus corona diharapkan tidak membuat pelaksanaan ibadah menjadi kendor. Menurutnya, ibadah tetap harus dilaksanakan, namun masyarakat harus waspada dan mengikuti instruksi yang diberikan pemerintah.

“Tentunya dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta perbanyak doa agar wabah corona segera berakhir,” katanya.

Saat rapat koordinasi, Kapoldasu didampingi sejumlah pejabat utama, sedangkan Ketua MUI Sumut didampingi Wakil Ketua Maratua Simanjuntak dan pengurus MUI lainnya. Rapat koordinasi guna bersama-sama melakukan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19, untuk melindungi masyarakat Sumut agar tidak terpapar Covid-19. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2