PMI Bantu Rakyat Wujud Solidaritas Kemanusiaan di Karo

PMI Bantu Rakyat Wujud Solidaritas Kemanusiaan di Karo

  • Bagikan
KETUA Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut DR H Rahmat Shah menyalurkan bantuan kepada warga di Tanah Karo, Kamis (17/9). di usia 75 tahun tepatnya 17 September 2020, PMI Sumut bantu rakyat sebagai wujud solidaritas untuk kemanusiaan di daerah-daerah terkena bencana alam, termasuk di Tanah Karo. Waspada/Ist
KETUA Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut DR H Rahmat Shah menyalurkan bantuan kepada warga di Tanah Karo, Kamis (17/9). di usia 75 tahun tepatnya 17 September 2020, PMI Sumut bantu rakyat sebagai wujud solidaritas untuk kemanusiaan di daerah-daerah terkena bencana alam, termasuk di Tanah Karo. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Ketua Palang Merah Indonesia Sumut DR H Rahmat Shah menyatakan, di usia 75 tahun tepatnya 17 September 2020, Sumut bantu rakyat sebagai wujud solidaritas untuk kemanusiaan di daerah-daerah terkena bencana alam, termasuk di Tanah Karo.

PMI bantu rakyat wujud solidaritas kemanusiaan di Tanah Karo untuk menunjukkan kepedulian kepada masyarakat.

Hal ini dinyatakan Rahmat Shah pada puncak peringatan HUT PMI ke 75, Kamis (17/9/2020) di Desa Sukatepu Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Kamis (17/9).

Tampak hadir Ketua DPD RI Lanyalla Mahmud Mattalitti Sitepu, senator DPD RI lainnya, Ketua PMI Kab/Kota se-Sumut, pemangku kepentingan.

Seperti Pemerintah, Korporasi, Lembaga Sosial dan Masyarakat, Mitra Gerakan Palang Merah Dan Bulan Sabit Merah.

Ketua PMI Sumut Rahmat Shah mengatakan, keberadaan PMI di Indonesia telah memberikan catatan penting bagi sejarah bangsa Indonesia.

Sejak sebulan sesudah Proklamasi 1945, PMI memainkan peran pentingn dalam perjuangan kemerdekaan RI.

Saat ini PMI berperan aktif memberikan bantuan dalam penanggulangan bencana, konflik sosial.

Kemudian, pembinaan generasi muda dan pelayanan donor darah yang menjadi icon PMI.

Rahmat Shah menyebutkan, usianya genap 75 tahun tepatnya 17 tahun 2020,

PMI Sumut membantu rakyat di Desa yang terdampak erupsi Gunung Sinabung sesuai tema HUT ke 75 tahun ini ‘Solidaritas untuk kemanusiaan’.

Dipilihnya Desa Sukatepu Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo sebagai pusat peringatan HUT PMI ke 75, karena PMI peduli terhadap masyarakat.

Khususnya petani yang berkaitan dengan dampak erupsi Sinabung terjadi di Karo.

Garda Terdepan

Rahmat Shah mengajak seluruh komponen bangsa bersama-sama, bergandengan tangan mengatasi berbagai persoalan kemanusiaan di Indonesia.

PMI akan selalu hadir menjadi garda terdepan pada setiap masa sulit yang dilalui masyarakat dan bangsa.

PMI akan selalu menjalankan tugas kemanusiaan sesuai dengan 7 prinsip dasar gerakan internasional palang merah dan bulan sabit merah.

Yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandiriaan, kesukarelawanan, kesatuan, kesemestaan.

Ketua panitia HUT Ke 75 PMI Nona Wahyuni menyebutkan, eringatan Hut Ke-75 Ini, sesuai tema yang diusung PMI dan mengajak seluruh elemen masyarakat menciptakan solidaritas untuk pelayanan kemanusiaan.

Baik di persoalan Covid-19, maupun saat situasi krisis atau bencana lainnya.

Pelaksanaan HUT PMI ke-75 yang dilaksanakan PMI Sumatera Utara mendapatkan kehormatan.

Itu karena dihadiri DPD RI yang terjun langsung berinteraksi dengan masyarakat dan anak-anak di salah satu desa kaki Gunung Sinabung dengan tetap melakukan protokol kesehatan.

Rombongan PMI Sumut dan DPD RI disambut masyarakat dengan suka ria, karena di momen HUT ke 75, PMI Sumut melaksanakan berbagai kegiatan.

Yakni Pelayanan kesehatan, pemberiaan bantuan sembako, pemberiaan bantuan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), Edukasi/kampanye PHBS terkait covid-19, kegiatan psikososial untuk anak,

PMI Sumut juga bekerjasama dengan Panah Merah Indonesia memberikan bantuan bibit tanaman 1.500.000 batang/1000 bungkus bibit jenis holtikulruta.

Mereka juga memberikan bantuan dari DPD RI yakni 1000 masker dan pakaian APD (Alat Pelengakapan Darurat).

Pada kesempatan itu, Ketua DPD RI Aa Lanyalla Mahmud Mattalitti memberi sambutan setawar sedingin dan ditabalkan marga Sitepu pada namanya sebagai kehormatan.

Lanyalla Mahmud juga membimbing bernyanyi bersama anak-anak yang berada di kaki Gunung Sinabung. (cpb)

  • Bagikan