Waspada
Waspada » Permohonan Soekirman-Ryan Siap Disidangkan, Sayutinur Diganti Sebelum Pendaftaran
Headlines Medan

Permohonan Soekirman-Ryan Siap Disidangkan, Sayutinur Diganti Sebelum Pendaftaran

BAPASLON Soekirman-Tengku Ryan memberi keterangan kepada wartawan usai mendaftar untuk kedua kalinya di KPU Sergai, 7 September lalu. Waspada/Ist
BAPASLON Soekirman-Tengku Ryan memberi keterangan kepada wartawan usai mendaftar untuk kedua kalinya di KPU Sergai, 7 September lalu. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan membenarkan permohonan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Soekirman-Tengku Ryan telah masuk ke Bawaslu Sergai.

‘’Saat ini permohonan mereka dalam tahap perbaikan, untuk kemudian diproses dan selanjutnya disidangkan,’’ jelas Syafrida kepada Waspada via telpon, Kamis (10/9).

Syafrida juga menyebutkan jika nantinya dalam sidang sengketa permohonanan pasangan Soekirman-Tengku Ryan diterima, KPU Sergai wajib menindaklanjuti.

‘’Jika ditolak, pasangan Soekirman-Tengku Ryan bisa menempuh jalur PTUN,’’ sebutnya.

Syafrida kembali menegaskan jika laporan sudah masuk ke Bawaslu, maka persoalan tersebut menjadi kewenangan Bawaslu dan pihaknya akan menyelesaikannya, kurun waktu 14 hari kerja.

Sayutinur Diganti Sebelum Pendaftaran

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) menegaskan Ketua PAN Serdang Bedagai, Sayutinur sudah diganti sebelum proses pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) ke KPU setempat.

‘’Pelaksana Tugas Ketua PAN Sergai sekarang adalah Soekirman, yang juga merupakan Bupati petahana Sergai,’’ tegas Ketua DPW PAN Sumut Yahdi Khoir Harahap kepada wartawan, Rabu (9/9) kemarin.

Yahdi menyebutkan, kopi surat SK Plt-nya diterima 3 September atau sehari sebelum pendaftaran Bapaslon ke KPU dibuka pada 4 September.

‘’Sudah ditetapkan DPP untuk sementara dipegang Pak Soekirman. Sekretaris Pak Junaidi, anggota dewan,’’ ujarnya.

Yahdi mengatakan, salah satu pemicu polemik ini adalah nama Ketua PAN Sergai belum diganti di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PAN Fikri Yasin telah menjelaskan duduk persoalan tersebut, Senin (7/9).

DPP PAN, kata Fikri, sempat mengeluarkan rekomendasi dukungan kepada Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya (Wiwik).

Namun, DPP mencabut dan mengubah dukungan setelah melakukan berbagai pertimbangan.

Rekomendasi pun diberikan kepada Soekirman-Tengku Ryan.

‘’Kita rekomendasi ke Soekirman-Ryan. Rekomendasi kita ke Soekirman karena surat rekomendasi yang pertama itu sudah dicabut,’’ ucapnya.

Namun, Fikri menjelaskan, surat rekomendasi itu belum dikembalikan oleh Wiwik usai SK rekomendasi PAN terhadapnya dicabut oleh DPP. (m29)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2