Waspada
Waspada » Peran Aktif Polda Sumut Mencegah Penularan Covid-19 Diapresiasi
Headlines Medan

Peran Aktif Polda Sumut Mencegah Penularan Covid-19 Diapresiasi

PARA personel Polda Sumut saat membagikan masker kepada warga sekaligus terus melakukan razia pelanggaran 3M. Waspada/Ist
PARA personel Polda Sumut saat membagikan masker kepada warga sekaligus terus melakukan razia pelanggaran 3M. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Peran aktif jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) untuk mencegah penularam Covid-19 mendapat apresiasi.

Polda Sumut dinilai melakukan peran yang penting sekaligus strategis dalam mencegah menularnya virus corona di masa pandemi.

Apresiasi tersebut disampaikan Dr Dedi Sahputra, MA Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Medan Area (UMA) di Medan, Senin (30/11).

“Jajaran Polda Sumut tidak saja ikut melakukan tindakan bersama dengan Satpol PP kepada pihak-pihak yang tidak mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) tetapi juga gencar dalam rangka melakukan tindakan persuasif untuk terus menerus menyosialisasikan 3M kepada masyarakat,” ujar Dr Dedi yang juga pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat ini.

Menurutnya, jajaran Polda Sumut memiliki posisi yang strategis dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

“Dan peran tersebut dilaksanakan oleh Polda Sumut, karena itu atas apa yang dilakukan ini, kita pantas memberikan apresiasi,” sebutnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa seluruh Polres jajaran Polda Sumut masih terus lakukan razia Prokes dan penyemprotan disinfektan.

Seluruh Polres jajaran Polda Sumut terus lakukan pazia prokes untuk menekan angka penularan Covid-19 di Sumut.

“Kapolda Sumut menekankan kepada seluruh jajaran untuk terus menyosialiasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. Tujuannya agar dapat memutus mata rantai penularan corona virus,” ujar Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.

MP Nainggolan mengatakan, sosialisasi penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan menggelar operasi Yustisi dan imbauan kepada masyarakat.

Operasi Yustisi diterapkan di jalanan dengan memberikan sanksi kepada warga yang tidak menggunakan masker.

Sedangkan imbauan disampaikan langsung kepada warga yang berada di tempat tempat keramaian, seperti pasar, pusat kuliner dan jajanan serta lokasi objek wisata.

“Sosialisasi yang dilakukan yakni penerapan 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker dan menjaga jarak,” ujarnya.

Berdasarkan informasi diterima, sejumlah Polres yang melakukan kegiatan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan.

Yakni Polres Batubara melakukan imbauan kepada para pelaku usaha dan penjaja makanan di tempat wisata serta pemberian saksi kepada masyarakat yang tidak memakai masker saat di luar rumah.

Kemudian hal sama dilakukan Polres Tapteng, memberi saksi push up kepada warga tidak memakai masker serta memberikan masker gratis.

Polres Sergai juga menggelar operasi Yustisi di jalanan, dan Polres Humbahas menggalakkan sosial prokes di Lintongnihuta.

Selain itu, Polres Langkat juga dilaporkan menggelar operasi Yustisi di sejumlah wilayah yang dilaksanakan jajaran Polsek.

“Imbauan penerapan protokol kesehatan yang dilakukan sesuai Inpres No 6 tahun 2020 akan terus berlangsung hingga virus corona berakhir,” ujar Nainggolan. (m05)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2