Waspada
Waspada » Pemko Siapkan Hand Sanitizer
Headlines Medan

Pemko Siapkan Hand Sanitizer

PLT Wali Kota Medan Akhyar Nasution meminta kepada warga yang datang ke Disdukcapil untuk menggunakan Hand Sanitizer. Waspada/ME Ginting
PLT Wali Kota Medan Akhyar Nasution meminta kepada warga yang datang ke Disdukcapil untuk menggunakan Hand Sanitizer. Waspada/ME Ginting

MEDAN (Waspada): Pemerintah Kota Medan menyediakan Hand Sanitizer di kantor Balai Kota dan kantor pelayanan baik tingkat dinas maupun kecamatan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

“Dengan ditetapkannya Kota Medan berstatus siaga darurat Virus Corona, maka kita harus lebih ekstra hati-hati. Makanya kita instruksikan kepada seluruh instansi pelayanan menyediakan Hand Sanitizer untuk membersihkan tangan,” kata Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution usai meninjau Kantor Wali Kota dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Selasa (17/3).

Dikatakan Akhyar dalam rapat koordinasi yang digelar Pemko Medan bersama Forkopimda dan stakeholder terkait penanganan dan pencegahan Virus Corona diinstruksikan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan untuk menyediakan Hand Sanitizer atau sarana cuci tangan di kantornya masing-masing.

Lokasi pertama yang ditinjau Akhyar yakni Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan Jl Iskandar Muda Medan.

Saat tiba, Akhyar didampingi Kadisdukcapil Zulkarnain langsung menuju wastafel yang berada di halaman depan kantor untuk melihat warga yang sedang mencuci tangan.

Pasalnya, seluruh warga yang datang untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan (adminduk) diwajibkan untuk mencuci tangan dan menggunakan Hand Sanitizer terlebih dahulu.

Tidak hanya di bagian depan, tercatat Hand Sanitizer juga disediakan Disdukcapil di semua sentra pelayanan dan kamar mandi dari lantai 1 hingga 3. Kemudian, Akhyar beranjak menuju Kantor Camat Medan Petisah yang jaraknya berdekatan dengan Kantor Disdukcapil.

Seperti halnya di Disdukcapil, Akhyar juga menyapa dan menanyakan langsung kepada warga yang sedang mengurus keperluannya di kantor camat tersebut.

Selain itu juga, menanyakan apakah seorang warga wanita paro baya tersebut telah menggunakan Hand Sanitizer yang tersedia di loket depan pelayanan kantor camat.

Namun, kepada Camat Medan Petisah Agha Novrian, Akhyar mengimbau agar membuat pengumuman dan penunjuk arah kepada siapapun yang datang untuk terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir di kran air yang posisinya berada di samping kiri bangunan kantor.

Anjuran ini berlaku tidak hanya bagi warga tapi juga bagi seluruh aparatur pemerintahan yang bertugas. Usai meninjau ke dua lokasi tersebut, Akhyar lalu beranjak menuju Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) Kota Medan, Akhyar meninjau ketersediaan Hand Sanitizer di lantai pertama.

Menuju ke lantai dua, di ruangan tempat pelayanan, Akhyar juga bertanya kepada warga apakah sudah mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

Seluruh warga menjawab telah menggunakannya dan Akhyar tampak senang karena warga mengikuti aturan dan anjuran yang disampaikan pemerintah.

Mengakhiri tinjauannya, Akhyar kemudian menuju Kantor Camat Medan Johor di Jl Karya Cipta didampingi Camat Medan Johor Zulfakhri Ahmadi. Akhyar senang karena setiap ruangan tersedia Hand Sanitizer.

Dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan dan diri guna mencegah terjangkitnya Virus Corona.

Usai meninjau, Akhyar mengaku tinjauan yang dilakukan untuk melihat kesiapan seluruh aparatur Pemko Medan di tempat pelayanan umum dalam menyediakan Hand Sanitizer.

Diakui Akhyar, dirinya mengaku senang karena semua kantor pelayanan di lingkungan Pemko Medan telah menjalankan instruksi yang disampaikan.

“Alhamdulillah, hari ini seluruh kantor-kantor pelayanan telah menyediakan hand sanitizer dan sarana cuci tangan. Warga juga menjalankan dan mengikuti anjuran dengan senang hati. Sebab, langkah ini kita lakukan sebagai upaya bersama untuk mencegah penyebaran Virus Corona,” kata Akhyar.

Yang lebih menggembirakan lagi ungkap Akhyar, animo dan antusias masyarakat dalam mengurus keperluan di kantor-kantor pelayanan tidak berkurang. Artinya, aktifitas tetap berjalan normal, masyarakat tidak panik namun tetap senantiasa waspada.

“Seluruh aparatur tetaplah melayani masyarakat. Kondisi normal dan tenang seperti ini harus kita jaga. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang tetap tenang dan tidak panik menyikapi kondisi saat ini. Ingat, yang terpenting adalah menjaga diri dan kebersihan lingkungan. Kita juga berdoa bersama semoga Kota Medan bisa terhindar dari Virus Corona,” harapnya. (m50)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2