Waspada
Waspada » Pemko Padangsidimpuan Perpanjang Proses Belajar Di Rumah
Headlines Sumut

Pemko Padangsidimpuan Perpanjang Proses Belajar Di Rumah

WAKO Sidimpuan Irsan Efendi Nasution (tengah) pimpin rapat bersama Wawako Arwin Siregar (kanan) dan Sekda Letnan Dalimunthe. Waspada/Sukri Falah Harahap
WAKO Sidimpuan Irsan Efendi Nasution (tengah) pimpin rapat bersama Wawako Arwin Siregar (kanan) dan Sekda Letnan Dalimunthe. Waspada/Sukri Falah Harahap

P.SIDIMPUAN (Waspada): Pemerintah Kota Padangsidimpuan menetapkan kebijakan di tengah pandemi Covid-19 dan pasca libur lebaran. Antara lain memperpanjang proses belajar di rumah bagi pelajar tingkat PAUD sampai SMA sederajat sampai 14 Juni 2020.

Kebijakan itu disampaikan dalam rapat yang dipimpin Wali Kota Sidimpuan Irsan Efendi Nasution bersama Wakil Wali Kota Arwin Siregar dan Sekda Letnan Dalimunthe dengan pimpinan OPD di aula sekretariat daerah, Jumat (29/5).

Sebumnya Wali Kota Irsan Efendi meminta laporan seluruh pimpinan OPD. Terutama yang menyangkut perkembangan dan dinamika masyarakat di tengah pandemi virus corona sepanjang libur hari raya Idul Fitri 1441 H.

Setelah itu Wali Kota menyatakan bahwa Pemko Padangsidimpuan bagian dari pemerintah pusat, dan akan ikuti seluruh protokol pencegahan dan penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan.

“Setelah melalui observasi dan analisa lapangan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang di dalamnya juga ada elemen Forkopimda, menyatakan status Tanggap Darurat untuk Kota Padangsidimpuan masih diberlakukan,” katanya.

Penjagaan pintu masuk kota dari lalu lintas pelaku perjalanan masih tetap dilaksanakan, dengan posko pusat tetap di kantor Wali Kota Padangsidimpuan.

Aktivitas belajar mengajar tetap menggunakan sistim Dalam Jaringan (Daring) sesaui arahan Pemprov Sumatera Utara. Belajar dari rumah diperpanjang sampai 14 Juni 2020.

Seleksi penerimaan siswa baru dilaksanakan sesuai kalender pendidikan. Tingkat PAUD/TK dan SD masih sistim daftar langsung (bukan online) dan difasilitasi sarana pencegahan penularan Covid-19 sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Sekaitan dengan sektor perekonomian, Wali Kota menganjurkan masyarakat lebih mengandalkan sektor pertanian, karena sektor informal sulit bertumbuh di masa Covid-19 ini.

Kinerja Dinas Pertanian dan kecamatan akan dimaksimalkan demi kelangsungan ketahanan pangan daerah.

Penegak Perda (Satpol PP) tetap berkoordinasi dengan Polri dan TNI dalam membubarkan masyarakat yang berkumpul-kumpul, baik itu di tempat-tempat publik, kafe, tempat hiburan dan sebagainya.

“Kita juga wajib mengimbau masyarakat untuk tetap mengenakan masker, rajin berolahraga, melakukan pola hidup bersih dan sehat,” kata Wali Kota Sidimpuan. (a05)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2