Waspada
Waspada » Pemko Medan Diminta Atasi Persoalan Pengelolaan Sampah
Headlines Medan

Pemko Medan Diminta Atasi Persoalan Pengelolaan Sampah

MEDAN (Waspada): Pemerintah Kota (Pemko) Medan diminta dapat mengatasi persoalan pengelolaan sampah.

Sebab meski sudah diatur dalam peraturan daerah kota Medan Perda No 6 tahun 2015 tentang pengelolaan sampah, namun pengelolaan sampah di Kota Medan semakin buruk.

Demikian dikatakan anggota DPRD Medan dapil 5 Habiburrahman dalam sosialisasi peraturan daerah (Sosper) terkait pengelolan sampah di 2 titik lokasi diantara jalan Kenanga Raya Tanjungsari Medan Selayang dan Jalan Bunga Cempaka Padangbulan Selayang 1 Medan Selayang, Minggu (31/1).

Hal ini terlihat banyaknya sampah menumpuk di tempat penampungan sampah sementara, karena sampah warga kota Medan per harinya mencapai 2000 ton sampai 3000 ton.

“Ini menjadi catatan penting untuk Wali Kota yang akan dilantik semoga kedepannya kota Medan dapat mengatasi persoalan pengelolaan sampah. Dan tidak tertutup kemungkinan Kota Medan akan menjadi kota kumuh karena pengelolan sampahnya sangat buruk,” ucapnya.

Padahal kata politisi NasDem ini, apabila pengelolan sampah dilaksanakan dengan baik maka sampah tersebut dapat dijadikan pupuk dan diolah menjadi tenaga listrik.

“Selain Perda No 6 tahun 2015, masalah persampahan ini juga sudah diatur melalui UU No 23 tahun 2018. Dan seharusnya persampahan ini sudah bisa diatasi oleh Pemko Medan dengan baik, karena ada aturannya yang cukup jelas,” tukas Habib.

Dalam Perda tersebut juga sudah jelas apabila warga Kota Medan membuang sampah rumah tangga tidak pada tempatnya dikenakan denda Rp10 Juta.

Ini kata Habib belum pernah pemko Medan menerapkan denda tersebut.

Sementara menyangkut pengutipan iuran sampah warga kota Medan sebaiknya di kelola oleh kecamatan saja, agar cepat penagulan sampah dan tidak banyak menumpuk di tempat pembuangan sementara.

“Kalau pengelolaan sampah di Kota Medan baik, maka banjir tidak ada lagi di kota Medan karena sebagian besar banjir akibat sampah dimana sampah tersebut tidak di kelola dengan baik,” tuturnya. (h01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2