Waspada
Waspada » Pemko Diminta Sosialisasikan Bantuan Santunan Untuk Korban Covid-19
Headlines Medan

Pemko Diminta Sosialisasikan Bantuan Santunan Untuk Korban Covid-19

MEDAN (Waspada): Pemerintah Kota (Pemko) Medan diminta untuk mensosialisasikan ke masyarakat, kebijakan bantuan dana santunan untuk korban meninggal dunia akibat Covid-19.

Selain itu juga memproses cepat pemberian santunan kepada ahli waris korban yang meninggal sehingga tidak terjadi kisruh dan keresahan.

“Kebijakan ini memang sudah kita minta dari kemarin karena memang ada surat edaran dari Kementerian Sosial untuk pemberian santunan. Pemko harus sosialisaskan dan diproses cepat bantuan tersebut kepada keluarga korban yang meninggal akibat Covid-19,” ujar Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Medan, Afif Abdillah, kepada Waspada, Kamis (1/10).

Diketahui, Pemko Medan telah mengeluarkan surat edaran tentang penanganan perlindungan sosial bagi korban meninggal akibat wabah Covid-19 yang ditandatangani Sekda Kota Medan Wiriya Al Rahman pertanggal 30 September 2020.

Dimana santunan meninggal dunia sebesar Rp15 juta perjiwa dari anggaran Kementerian Sosial.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Medan ini, surat edaran penanganan perlindungan sosial korban meninggal covid 19 tersebut dari Kementerian Sosial tersebut sudah ada sejak 18 Juni 2020.

Begitu juga dengan surat dari Provinsi telah diterbitkan Agustus 2020. Namun untuk Pemko Medan, baru dikeluarkan surat edarannya akhir September 2020.

“Kita sayangkan Pemko terlambat mengeluarkan surat edaran ini untuk mensosialisasikannya ke masyarakat. Harusnya kalau cepat masyarakat mengetahuinya, ahli waris dari korban meninggal covid 19 kemarin sudah bisa mengajukan uang santunan tersebut,” kata Afif.

Dengan terlambatnya sosialisasi tersebut, kata Afif, keluarga dari korban covid 19 sebelum surat edaran tersebut dikeluarkan bisa diberikan.

Meski memang untuk pencairan dana menjadi kebijakan dari Kementerian Sosial.

Dalam surat edaran tersebut, dijelaskan persyaratan bagi keluarga atau ahli waris yang meninggal dunia Covid-19 yakni harus mengajukan formulir permohonan ke Dinas Sosial Kota Medan, dengan melengkapi berkas fotocopy kartu keluarga, surat keterangan meninggal dunia dari rumah sakit dan surat keterangan ahli waris yang dikeluarkan camat. (h01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2