Waspada
Waspada » Pemkab Karo Siapkan Fasilitas Isolasi Dampak COVID-19
Headlines Sumut

Pemkab Karo Siapkan Fasilitas Isolasi Dampak COVID-19

TIM Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 terdiri dari Asisten Administrasi Pemkab Karo Mulianta Tarigan, Kadis Kesehatan drg. Irna SM. M. Kes, Kadis Perkim Paksa Tarigan dan Kadis Kebersihan dan LH Radius Tarigan saat peninjauan tempat isolasi dampak COVID-19. Waspada/Panitra Nedy
TIM Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 terdiri dari Asisten Administrasi Pemkab Karo Mulianta Tarigan, Kadis Kesehatan drg. Irna SM. M. Kes, Kadis Perkim Paksa Tarigan dan Kadis Kebersihan dan LH Radius Tarigan saat peninjauan tempat isolasi dampak COVID-19. Waspada/Panitra Nedy

TANAH KARO (Waspada): Pemkab Karo mulai mempersiakan fasilitas dan ruang isolasi bagi warga Kabupaten Karo yang dampak Covid-19.

Lokasi isolasi ini terletak di Jln. Kapten Selamat Ketaren, Exs Akademi Kebidanan Pemkab Karo.

Hal ini disebutkan Ketua Harian Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Karo, Ir. Martin Sitepu didampingi Kadis Kesehatan drg. Irna SM. M. Kes, Asisten Administrasi Mulianta Tarigan, Kadis Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Paksa Tarigan dan Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup Radius Tarigan kepada Waspada, Selasa (14/4) saat meninjau persiapan lokasi.

Ditambahkan drg. Irna SM. M. Kes, pasien yang diisolasi ditempat itu terbagi dalam dua kategori yakni pasien yang terdampak ringan dan orang dalam pantauan (ODP).

Persiapan ruangan ini dibuat untuk menyikapi kemungkinan yang bisa terjadi di tengah masyarakat, sebab beberapa warga Kabupaten Karo yang perlu diisolasi, kemungkinan ruangan di dalam rumahnya agak sempit, maka Pemkab Karo mempersiapkan tempat ini, katanya.

Tahap pertama kata Irna SM, tempat tidur yang sudah tersedia sekitar 80 buah, melengkapi ruangan agar bisa dioperasikan, dibutuhkan pula matras.

Sementara pasien yang terdampak Covid-19 dalam kondisi berat, akan dirawat di RSU Kabanjahe, sebutnya.

“jika ruang isolasi nantinya butuh penambahan tempat, kemungkinan ruangan di Exs Akbid ini bisa dimanfaatkan menjadi 120 tempat tidur”, ujarnya.

Kadis Perkim, Paksa Tarigan didampingi Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup (LH) Radius Tarigan menyebutkan, fasilitas air bersih dan sanitasi lingkungan sedang ditata kembali agar pemanfaatan fasilitas maksimal.

Kemungkinan beberapa hari kedepan, tempat ini sudah selesai ditata kembali dan bisa dimanfaatkan, bila ada warga yang akan diisolasi.

Selain lokasinya yang strategis, udara bersih dan jauh dari kebisingan, tambah Radius.

Sehari Sebelumnya Meninjau Lahan Pemakam

Sehari sebelumnya, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi sejumlah Kepala Dinas meninjau lahan pemakaman warga Kabanjahe di Desa Salit Kec. Tiga Panah seluas 5 hektar.

Pemakaman umum ini sudah dibeli Pemkab Karo, karena hamparan pemakaman umum di Jln. Irian Kabanjahe sudah penuh.

“Dan jika ada warga yang meninggal dunia akibat terdampak Covid-19 ataupun tidak berkaitan dengan Corona, lokasi ini telah siap digunakan,” tambah Asisten Administrasi Mulianta Tarigan. (cpn)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2