Waspada
Waspada » Pemerintah Arab Saudi Wajibkan Jamaah Haji 2021 Divaksin Covid-19
Headlines Internasional

Pemerintah Arab Saudi Wajibkan Jamaah Haji 2021 Divaksin Covid-19

RIYADH, Arab Saudi (Waspada): Pemerintah Arab Saudi kini mewajibkan vaksinasi COVID-19 bagi jamaah haji di tahun 2021.

Surat kabar Okaz menyebut hanya individu yang sudah divaksinasi saja yang dibolehkan untuk melaksanakan haji.

“Vaksinasi COVID-19 diwajibkan bagi mereka yang ingin datang melaksanakan haji dan jadi syarat utama izin masuk,” tulis laporan dari surat edaran Kementerian Kesehatan Arab Saudi, seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (3/3/2021).

Pelaksanaan haji pada tahun 2020 memang sempat terhambat oleh pandemi Corona. Arab Saudi membatasi hanya 1.000 jamaah dengan kriteria tertentu yang bisa melaksanakan haji demi mencegah penyebaran COVID-19.

Kala itu calon jamaah dari luar negeri tidak bisa mendapat izin masuk.

Arab Saudi dilaporkan sedang menyiapkan komite tenaga kesehatan khusus yang semua anggotanya juga sudah divaksinasi untuk mengawasi pelaksanaan umrah dan haji di tahun 2021.

Saudi mulai meluncurkan program vaksinasi pada 17 Desember 2020. Vaksin yang diberi izin penggunaan adalah Moderna, Pfizer, dan AstraZeneca.

Sejauh ini Saudi sudah mencatatkan 377.700 kasus Covid-19 dengan korban meninggal sekitar 6.500 jiwa.

Sebelumnya, pada awal Februari, pemerintah Arab Saudi memasukkan Indonesia dalam daftar negara yang dilarang berkunjung guna meredam penyebaran virus corona.

Kebijakan mendadak itu membuat ratusan jamaah umrah batal berangkat. Pelaksanaan haji pun semakin diliputi ketidakpastian.

Selain Indonesia, ada 19 negara yang juga di-blacklist Saudi. Yakni, Argentina, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Brasil, Jerman, dan Inggris.

Kemudian, Jepang, Italia, Pakistan, Irlandia, Portugal, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, Lebanon, Mesir, dan India. (reuters/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2