Waspada
Waspada » Pemerintah Aceh Berperan Penuh Jaga Gerbang Aceh-Sumut
Aceh Headlines

Pemerintah Aceh Berperan Penuh Jaga Gerbang Aceh-Sumut

H. Mursil, Bupati Aceh Tamiang. Waspada/Yusri
H. Mursil, Bupati Aceh Tamiang. Waspada/Yusri

ACEH TAMIANG (Waspada): Dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19, Pemerintah Provinsi Aceh berperan sepenuhnya menjaga ketat gerbang perbatasan Aceh dengan Sumatera Utara yang berada di Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang.

Namun, hingga saat ini terlihat belum ada wacana adanya pembutan posko pencegahan Covid-19 di perbatasan Aceh-Sumut, bahkan terkesan melepaskan tanggungjawab sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. Sementara tugas pemerintah daerah dengan berbagai keterbatasan telah mendirikan posko pencegahan Covid-19 di terminal bus umum Kualasimpang.

Menyusul sedikit rasa kepedulian yang disajikan oleh Pemerintah Provinsi Aceh untuk penjagaan perbatasan jalur darat Aceh-Sumatera tersebut, sehingga tidak dipungkiri beragam kritikan ataupun saran yang disampaikan kalangan masyarakat daerah ini harus dipikul Pemkab Aceh Tamiang.

“Menjaga wilayah perbatasan antar provinsi itu tentu sudah jelas menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Aceh, sedangkan pemerintah daerah siap membantu kegiatan yang dilaksanakan pemerintah provinsi,” kata H. Mursil, Bupati Aceh Tamiang kepada Waspada Rabu (29/4) di ruang kerjanya.

Menurutnya, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Pemkab Aceh Tamiang berusaha semampu mungkin melalui posko yang dibangun di terminal bus umum Kuala Simpang, terutama pengecekan kesehatan para penumpang bus yang melakukan perjalanan kewilayah Aceh lainnya.

“Untuk warga Aceh Tamiang yang turun dari bus sebelum terminal menuju kampung mereka masing-masing, ini nantinya menjadi tugas dari Datok Penghulu, Kepala Puskesmas dan para relawan guna melakukan pengecekan kesehatan warga yang pulang dari luar daerah,” ujar H. Mursil.

Bupati H. Mursil mengemukakan, pihaknya telah mendengar aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat meskipun tidak secara langsung, tetapi sangat pantasnya perbatasan Aceh-Sumut tersebut dijaga oleh Pemerintah Provinsi Aceh melalui masing-masing instansi yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19.

“Jika posko penjagaan perbatasan Aceh-Sumut dibuat oleh provinsi, maka Pemkab Aceh Tamiang siap membantu sepenuhnya, termasuk menempatkan petugas bersama tim Provinsi Aceh di perbatasan Aceh-Sumut,” tegas Bupati H. Mursil sembari berharap agar Pemerintah Provinsi Aceh bisa mencurahkan perhatian seriusnya dalam menyahuti aspirasi masyarakat menjaga perbatasan Aceh-Sumut. (cri)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2