Pelabuhan ASDP Ajibata-Ambarita Kembali Beroperasi Pasca Insiden KMP Ihan Batak - Waspada

Pelabuhan ASDP Ajibata-Ambarita Kembali Beroperasi Pasca Insiden KMP Ihan Batak

  • Bagikan
KMP Kaldera Toba mulai beroperasi, Jumat (11/6) malam dari Ajibata menuju pelabuhan Ambarita dan selanjutnya mengikuti jadwal KMP Ihan Batak. Waspada/Ist
KMP Kaldera Toba mulai beroperasi, Jumat (11/6) malam dari Ajibata menuju pelabuhan Ambarita dan selanjutnya mengikuti jadwal KMP Ihan Batak. Waspada/Ist

TOBA (Waspada): ASDP Cabang Sibolga kembali mengoperasikan pelayanan penyeberangan di pelabuhan Ajibata-Ambarita pasca insiden yang nyaris menenggelamkan sebuah mobil saat KMP Ihan Batak saat melakukan bongkar muat di pelabuhan Ambarita, Jumat (31/5) lalu.

Pengoperasian pelayanan kedua pelabuhan ASDP ini di benarkan Oleh GM ASDP Cabang Sibolga melalui Manager ASDP Usaha dan Teknik Juliansyah kepada awak media, ketika dikonfirmasi, Jumat (11/6).

Juliansyah mengatakan, setelah dilakukan uji coba KMP Kaldera Toba melintasi rute Ajibata Ambarita (PP) dan ternyata tidak ada kendala teknis maka oleh Managemen ASDP bersama BPTD Wil II Sumut mulai mengoperasikan KMP Kaldera Toba.

“Benar, kita sudah buka operasional pelayanan penyebrangan di pelabuhan Ajibata-Ambarita yang dilayani oleh KMP Kaldera Toba, tentunya setelah dilakukan uji coba melintasi rute Ajibata Ambarita (PP) tadi sore tanpa kendala,” ungkap Juliansyah.

Dia mengatakan, mulai Jumat malam KMP Kaldera Toba sudah mulai melayani penyeberangan kendaraan pengunjung ke Pulau Samosir untuk membantu mengurai antrian di Lokasi Pelabuhan Ajibata.

“Setelah uji coba dan melihat kondisi antrian panjang maka pihak managemen ASDP berinisiatif agar KMP Kaldera Toba mulai melayani trip perdana pada Pukul 20:00 wib malam ini setelah 10 hari ditutup dan untuk selanjutnya mengikuti jadwal KMP Ihan batak,” tutur Juliansyah

Selanjutnya untuk KMP Ihan Batak saat ini sudah di tarik ke Pelabuhan Ajibata, berdasarkan pengajuan pihak ASDP dan BPTD surat pinjam pakai barang bukti kepada pihak kepolisian untuk kepentingan perbaikan dan operasional.

Saat ini KMP Ihan Batak masih tetap berstatus barang bukti namun setelah pengajuan pinjam pakai barang bukti, maka sudah bisa dilakukan perbaikan berdasarkan kendala dalam pengecekan, dan tentunya sambil menunggu hasil penyelidikan dari pihak terkait.

Korsatpel Toba BPTD Wil II Sumut, Rijaya Simarmata turut membenarkan pengoperasian pelabuhan itu untuk kepentingan masyarakat umum dan wisatawan demi mendukung pariwisata Danau Toba.

Simarmata menjelaskan bahwa saat ini KMP Kaldera Toba sudah mulai beroperasi setelah KMP Ihan Batak di tarik ke Ajibata atas izin dari pihak penyidik kepolisian untuk dilakukan perbaikan dan evaluasi.

“Setelah beroperasinya KMP Kaldera Toba, Pihak ASDP bersama BPTD melakukan evaluasi dan perbaikan rampdoor dan pengecekan KMP Ihan Batak, agar secepatnya bisa beroperasi,” ujar Simarmata. (a36)

  • Bagikan