Waspada
Waspada » Pasca DS Kembali Zona Merah, Bupati Sebut Tak Ada Satu Desa Atau Kelurahan Zona Merah
Headlines Sumut

Pasca DS Kembali Zona Merah, Bupati Sebut Tak Ada Satu Desa Atau Kelurahan Zona Merah

 

DELISERDANG (Waspada): Pasca Kabupaten Deliserdang dinyatakan kembali masuk kategori zona merah (resiko tinggi) Covid-19. Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan menyebutkan bahwa di Kabupaten Deliserdang satu desa atau kelurahan tidak ada yang dinyatakan zona merah.

Hal itu terungkap pada saat wartawan mempertanyakan kepada Bupati Deliserdang Ashari Tambunan usai mengambil sumpah janji sekaligus melantik 7 orang pejabat untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Pemkab Deliserdang di Aula Cendana lantai II Kantor Bupati Deliserdang, Jum’at (30/4).

Dimana sebelumnya kondisi Kabupaten Deliserdang kembali zona merah yang disampaikan oleh Jubir Satgas Covid-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah. Status zona itu berdasarkan hasil pembobotan skor zonasi resiko seluruh daerah di Indonesia per tanggal 25 April yang disampaikan pada website covid-19.go.id.

“Saya ingin menjelaskan tidak ada satupun Desa atau Kelurahan di Deliserdang yang merah. Saya ulangi menurut data resmi baik yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten maupun yang dikeluarkan Pemerintah atasan tidak ada satu desa atau kelurahan pun di Deliserdang yang zona merah,” kata Ashari.

“Walaupun itu, tidak berarti kita boleh berleha-leha, bersantai-santai, lalai dan sebagainya,” tambah Ashari.

Sebelumnya Ashari menjelaskan, bahwa dirinya enggan mengomentari Satgas Covid-19 Sumut, walaupun begitu dia menyebutkan bahwa bila Deliserdang dinyatakan kembali masuk ke zona merah maka dijadikan untuk kewaspadaan.

“Saya tidak tahu harus berkomentar (apa), paling tidak pandangan bahwa Deliserdang (zona) merah. Itu mendorong kita-kita di Kabupaten ini untuk lebih awas, lebih waspada, bagaimana pun posisi Deliserdang ini sangat strategis yang merupakan pintu masuk dari Kualanamu dan dari berbagai tempat lainnya sebelum orang ke Medan,” jelas Ashari.

Disinggung apakah dengan dinyatakan kembali zona merah membuat Bupati Deliserdang melakukan evaluasi terhadap Satgas Covid-19 Deliserdang yang didalamnya termasuk Dinas Kesehatan Deliserdang, Ashari pun dengan tegas menyatakan mengevaluasi. “Kita terus evaluasi hari ini juga bersama pak Sekda,” tegasnya.

Sementara itu, Sekda Deliserdang Darwin Zein juga menyatakan satu desa atau kelurahan tidak ada yang dinyatakan zona merah.”Laporan harian kita gak ada,” ucapnya.

Ketika diminta penjelasan terkait apa yang dimaksud Bupati Deliserdang di Kabupaten Deliserdang satu desa atau kelurahan tidak ada yang dinyatakan zona merah. Sementara Satgas Covid-19 Sumut menyatakan Deliserdang kembali zona merah.

Dia hanya menyebut, bahwa perbedaan antara zona merah desa atau kelurahan dan kabupaten ada ukurannya, namun dia tidak merincikan ukuran yang dimaksud itu. “Ada ukurannya yang menyatakan merah atau tidak,” kata Darwin.

Sedangkan ketika dimanta tanggapannya berapa data terakhir jumlah yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten, Darwin yang saat itu didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Citra Effendi Capa menyarankan kepada wartawan untuk melihat dipapan pengumuman Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Deliserdang. “Saya tidak megang data ini,” sebutnya.

Sejumlah wartawan pun mengikuti saran dari Sekda Deliserdang dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Citra Effendi Capa untuk melihat data berapa jumlah kasus Covid-19, sembuh berapa orang dan meninggal dunia berapa orang
dan ketika wartawan melihat hasilnya sama sekali tidak ada terdata.

Belakangan ini, diketahui sejumlah wartawan sangat sulit untuk mendapatkan informasi berapa jumlah kasus Covid-19, sembuh berapa orang dan meninggal dunia berapa orang. (a16/a01/a14).

Teks foto: Bupati Deliserdang Ashari Tambunan saat memberikan keterangannya kepada wartawan. (Waspada/Edward Limbong).

Teks foto: Salah seorang wartawan melihat melihat data berapa jumlah kasus Covid-19 dan tampak kosong data yang diperlukan. (Waspada/Edward Limbong).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2