Waspada
Waspada » Oliveira Menang, Ducati Juara Dunia
Headlines Olahraga

Oliveira Menang, Ducati Juara Dunia

PEBALAP tim KTM Tech3 Miguel Oliveira melakukan selebrasi di atas motornya setelah menjuarai Grand Prix Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Minggu (22/11) malam. Reuters

PORTIMAO (Waspada): Pebalap Tech3 KTM, Miguel Oliveira, berhasil memenangi seri terakhir MotoGP Portugal 2020 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Minggu (22/11) malam WIB. Oliveira tidak terkejar dari awal hingga akhir balapan.

Itu adalah kemenangan kedua Oliveira di MotoGP 2020 setelah menang di GP Styria. Sedangkan sukses Morbidelli finis ketiga membuat pebalap Petronas Yamaha itu mengakhiri musim ini sebagai runner-up MotoGP 2020.

Sementara itu, Ducati memastikan gelar juara Dunia konstruktor setelah 13 tahun menanti usai Jack Miller finis di posisi kedua. Ducati mengalahkan Yamaha dan Suzuki sebagai konstruktor terbaik di MotoGP 2020.

Suzuki dan Ducati tiba di Portimao dengan raihan poin sama di klasemen. Namun capaian Miller menyumbang 20 poin untuk pabrikan asal Bologna itu di saat Rins hanya mampu menambah satu poin setelah finis P15, membuat Ducati merebut titel konstruktor untuk kedua kalinya sejak terakhir kali berjaya pada 2007.

Hal itu sekaligus menggagalkan ambisi Suzuki untuk meraih treble di MotoGP 2020. Sebelumnya, Joan Mir dan Suzuki Ecstar sudah memastikan gelar juara Dunia pebalap dan tim.

Dalam jalannya balapan, Oliveira meraih start impresif. Pebalap asal Portugal itu langsung tidak terkejar oleh Morbidelli dan Miller di awal balapan. Oliveira bahkan sudah memiliki keunggulan hampir 2 detik atas Morbidelli di tiga lap awal.

Bencana dialami juara Dunia MotoGP 2020 Joan Mir. Setelah menabrak Pecco Bagnaia hingga mengalami cedera, Mir hampir menabrak Johann Zarco di lap pertama dan membuat Brad Binder kehilangan banyak waktu.

Persaingan ketat antara pebalap keempat hingga 15 terjadi pada awal balapan. Memasuki lap sepuluh, Oliveira sudah memiliki keunggulan 3 detik atas Morbidelli.

Balapan Mir berakhir pada lap ke-16. Sepeda motor GSX-RR yang ditunggangi Mir mengalami masalah hingga pebalap asal Spanyol itu memutuskan untuk masuk pit. Beruntung bagi Mir, gelar juara Dunia sudah direbutnya pada balapan MotoGP Valencia pekan lalu.

Balapan MotoGP Portugal 2020 berlangsung kurang menarik. Dominasi Oliveira sebagai pebalap tuan rumah tidak mampu dibendung. Memasuki lap ke-20, Oliveira sudah unggul 4,3 detik atas Morbidelli.

Oliveira akhirnya memastikan kemenangan di MotoGP Portugal 2020 dengan kemenangan atas Miller. Pebalap Pramac Ducati itu sukses menyalip Morbidelli di lap terakhir. (m18/mgp)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2