Waspada
Waspada » OIF UMSU Titik Pengamatan Hilal Penentu 1 Ramadhan 1442 H
Headlines Medan

OIF UMSU Titik Pengamatan Hilal Penentu 1 Ramadhan 1442 H

TIM OIF UMSU tengah melakukan persiapan pengamatan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1442 H. Waspada/M Ferdinan Sembiring
TIM OIF UMSU tengah melakukan persiapan pengamatan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1442 H. Waspada/M Ferdinan Sembiring

 

MEDAN (Waspada): Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjadi salah satu titik nasional pengamatan hilal penentuan 1 Ramadan 1442 H.

UMSU bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemanag) RI dalam sidang isbat yang akan dilaksanakan, Senin (12/4) sore.

Titik kordinat pengamatan hilal langsung di OIF UMSU di Kampus Pascasarjana ‎di Jalan Denai Medan dan dihadiri oleh Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution dan Rektor UMSU Dr Agussani.

“Hari ini, secara nasional adalah penentuan praktek pengamatan Hilal menentukan 1 Ramadan 1442 H. Tim OIF UMSU dalam setiap tahun rutinitasnya. Kita menyelanggarakan dan memfasilitas untuk pengamatan hilal untuk menentukan 1 Ramadan,” sebut Kepala OIF UMSU dr Arwin Rakhmadi Butar-butar ‎kepada wartawan.

Arwin menjelaskan OIF UMSU sudah melakukan persiapan untuk pengamatan hilal sudah dilakukan sejak, Minggu (11/4) kemarin.

Dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan alat.

“Bahkan menyiapkan alat untuk pengamatan untuk nanti sore. Persis digunakan setelah matahari tenggelam,” kata Arwin.

Arwin mengungkapkan UMSU melalui OIF UMSU berkontribusi kepada Pemerintah Pusat dalam pengamatan hilal untuk penetapan hari pertama ibadah puasa di bulan Ramadan 1442 H.

“Sejak beberapa tahun ini, kordinat kita. OIF UMSU salah satu titik pemangatan Hilal secara nasional dan Kantor Gubernur Sumut sejak lama dilakukan. Bila terlihat pengamatan akan disampaikan kepada Kementerian Agama Pusat,” tutur Arwin.

Arwin menjelaskan ‎secara keilmuan, diketahui dari ketinggian hilal pada hari ini 3 derajat lebih, tidak sampai 4 derajat.

Tentu secara keilmuan secara berulang sangat sulit.

“Namun demikian, posisi hilal masih positif berada diposisi di 3 derajat. Semoga langit sangat cerah, dan sangat mempermudah pengamatan,” kata Arwin.

Untuk pengamatan hilal ini, Arwin menambakan OIF UMSU menyiapkan 4 alat teropong, salah satunya akan digunakan oleh menantu Presiden, Joko Widodo bersama jajaran Pemerintah Kota Medan dan jajaran rektor UMSU.

“Sejauh ini, pemangatan menyiapkan 4 alat atau terporong. Yang mana dua teropong sudah terpasang. Untuk pemangatan bersama dengan oleh Pak Wali Kota Medan bersama unsur terkait disediakan di lapangan dan bisa digunakan nanti sore,” ungkap Arwin.

Penentu ramadhan setelah sidang isbad. (m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2