Waspada
Waspada » Nge-vape Saat Sidang, Menlu Malaysia Terancam Denda Rp35 Juta
Headlines Internasional

Nge-vape Saat Sidang, Menlu Malaysia Terancam Denda Rp35 Juta

MENTERI Luar Negeri Malaysia, Hishammuddin Hussein, sedang menghisap rokok elektrik saat mengikuti sidang parlemen. Twitter
MENTERI Luar Negeri Malaysia, Hishammuddin Hussein, sedang menghisap rokok elektrik saat mengikuti sidang parlemen. Twitter

KUALA LUMPUR, Malaysia (Waspada): Negeri jiran dibuat geger oleh sebuah video yang mempertontonkan Menteri Luar Negeri Malaysia, Hishammuddin Hussein, sedang nge-vape alias merokok elektrik saat mengikuti sidang parlemen.

Video itu pun menjadi viral di media sosial.

Video tersebut menunjukkan Hishammuddin menyelipkan vape di balik masker wajahnya.

Sementara, rekannya, Menteri Transportasi Wee Ka Siong, sedang berbicara di hadapan parlemen.

Video berdurasi delapan detik itu diyakini diambil pada Senin (3/8) lalu, ketika Wee sedang menyampaikan pidato penutupannya.

Setelah ulahnya itu menjadi gunjingan publik Malaysia, Hishammuddin, meminta maaf di laman Twitter dan berjanji untuk tidak nge-vape lagi dalam sidang parlemen.

“Maaf, saya tidak menyadarinya ini adalah kebiasaan baru. Saya meminta maaf kepada Dewan (DPR) dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi,” cuitnya seperti dikutip laman The Star, Kamis (6/8).

Merokok, termasuk mengisap vape atau rokok elektrik, adalah kegiatan yang dilarang keras di Parlemen Malaysia.

Aturan itu pun semakin diperketat di masa pemerintahan Pakatan Harapan.

Mantan Menteri Kesehatan Malaysia, Dr Dzulkefly Ahmad, mendeklarasikan parlemen sebagai kawasan bebas rokok pada Oktober 2018.

Siapa pun yang terbukti melanggar larangan itu dapat didenda hingga 10,000 ringgit Malaysia (Rp35 juta) atau terancam hukuman penjara hingga dua bulan, atau dikenakan dengan keduanya. (the star/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2