Waspada
Waspada » Narkotika Kerap Jadi Pemicu Kejahatan
Headlines Medan

Narkotika Kerap Jadi Pemicu Kejahatan

MEDAN (Waspada): Narkotika menjadi salah satu pemicu terjadinya tindak kejahatan, selain faktor ekonomi. Pengguna narkotika sering bertindak nekat melakukan kejahatan karena ketergantungan hidupnya atas barang haram tersebut.

“Orang biasa nekat melakukan kejahatan karena keadaan terpaksa atau karena ada dorongan yang memaksa, misalkan narkotika. Ini sudah cenderung jadi tren orang atau pelaku penjahat melakukan kejahatannya,” kata Kriminolog dari Universitas Panca Budi Medan, Dr Redyanto Sidi SH, MH, kepada Waspada, Selasa (17/3).

Ia menyampaikan itu, menyikapi maraknya aksi kejahatan belakangan ini yang terjadi di Sumatera Utara. Seperti, baru-baru ini, pembunuhan sadis driver taksi online yang mayatnya di buang di jalan.

Menurut Dr Redyanto, pelaku terbilang nekat dan sering melakukan kejahatan karena dorongan mengkonsumsi narkotika dan ditambah dengan lingkungan yang memang memungkinkan untuk melakukan kejahatan tanpa beban.

“Kalau sudah demikian, dia tidak takut lagi, tidak ada lagi petugas yang ditakutinya. Dia juga berpikir kalaupun ditangkap, paling dimassakan dan dipenjarakan,” imbuhnya.

Karena itu, kata dia, harus ada strategi yang diterapkan aparat penegak hukum, khususnya kepolisian, untuk menciptakan rasa aman di tengah semakin meningkatnya kejahatan.

“Saya melihatnya begini, ini terjadi karena tidak ada rumusan jitu untuk mengatasi persoalan itu. Rumusan jitu dalam menekan kejahatan tidak terlihat dengan baik dan tidak berjalan dengan mulus bahkan kita tidak tahu rumusnya sperti apa,” ungkapnya.

“Memang kejahatan sulit terhapus, tapi mungkin bisa dikurangi dengan pola atau strategi tertentu yang harus dilakukan penegak hukum,” sambungnya.

Ia menyebutkan, dalam belakangan terakhir saja Kota Medan sudah masuk kategori rawan atau darurat rampok. Karena itu, petugas harus bekerja ekstra agar Sumut terbebas dari aksi kejahatan.

Aparat kepolisian juga harus berkoordinasi lagi dengan masyarakat agar ikut berperan aktif kerjasama memberantas kejahatan. (cra)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2