Waspada
Waspada » Napi Lapas Kelas IIA Lhokseumawe Ikuti Sosialisasi Bahaya Virus Corona
Aceh Headlines

Napi Lapas Kelas IIA Lhokseumawe Ikuti Sosialisasi Bahaya Virus Corona

RATUSAN narapidana dan petugas Lapas Kelas IIA Lhokseumawe diperiksa suhu badan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Lhokaeumawe, Selasa (17/3). Hasil pemeriksaan petugas Lapas dan narapidana normal. Waspada/Ist
RATUSAN narapidana dan petugas Lapas Kelas IIA Lhokseumawe diperiksa suhu badan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Lhokaeumawe, Selasa (17/3). Hasil pemeriksaan petugas Lapas dan narapidana normal. Waspada/Ist

LHOKSEUMAWE (Waspada): Untuk mencegah terjadi penularan Virus Corona, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lhokseumawe, Nawawi meminta pihak Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe untuk menggelar kegiatan sosialisasi tentang ciri-ciri seseorang terkena Virus Corona. Kegiatan itu dilaksanakan, Selasa (17/3) pagi diikuti oleh ratusan narapidana dan seluruh petugas di LP setempat.

Sosialisasi tentang ciri-ciri dan bahaya Virus Corona disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Lhokseumawe, dr Rosnita Sosialisasi itu dilaksanakan dengan menggunakan visual dan tanya jawab.

Penjelasan tentang Virus Corona disampaikan dengan menggunakan bahasa sederhana dengan harapan setiap yang mendengar dapat memahami dengan baik.

Selain itu, seluruh petugas LP Kelas IIA Lhokseumawe beserta narapida diperiksa suhu tubuh. Hasil pemeriksaan, seluruh petugas dan narapida aman, rata-rata memiliki suhu tubuh 36.6 derjat celcius.

“Kami yakin semua yang mendengar sosialisasi tadi tentang Virus Corona dapat memahami dengan baik. Kita meminta kepada mereka agar terus berperilaku hidup bersih. Memakai masker dan memakai antiseptik,” katanya.

Kepada para petugas dan narapida juga dijelaskan gejala atau ciri-ciri seseorang tertular Virus Corona. Gejalanya sama seperti gejala inpeksi saluran pernafasan, deman dan disertai batuk.

“Kalau ada gejala seperti itu jangan panik dan tetap tenang, karena belum tentu seseorang itu tertular Corona. Namun seseorang itu harus dijaga dan dirawat dengan baik.”

Kemudian, kepada petugas Lapas diminta untuk menjaga waktu kunjungan tamu ke Lapas. Karena dikhawatirkan tamu yang datang tidak steril daari Virus mematikan itu.

“Kalau bisa jadwal kunjungan dibatasi kemudian tetap harus mengikuti prosedur seperti memakai masker, cuci tangan dan lan sebagainya. Ini merupakan usaha untuk menghindari penularan Corona,” imbuhnya.

Kepala Lapas Kelas IIA Lhokseumawe, Nawawi saat dikonfirmasi Waspada menyebutkan, pihaknya sudah membatasi jadwal kunjungan yang sebelumnya jam kunjungan dibuka pada pukul 09:00 pagi hingga 14:00 diperpendek menjadi 09:00 hingga pukul 12:00. Selanjutnya, anak-anak tidak diperbolehkan berkunjung ke Lapas meskipun menunggu di luar Lapas.

“Kunjungan baru diperbolehkan kalau dianggap sangat penting. Pengunjung wajib pakai masker. Kemudian, seluruh petugas dan narapidana serta pengunjung harus selalu dalam kondisi wudhuk. Kapanpun bahkan saat duduk berinteraksi dengan sesame petugas dan narapidana juga harus dalam berwudhuk. Ini salah satu usaha. Kalau setelah usaha ini kita lakukan dan tetap tertular itu sudah menjadi kehendak Allah,” sebut Nawawi. (b18)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2