Waspada
Waspada » MUI Binjai Tiadakan Muzakarah Dan Safari Ramadhan
Headlines Sumut

MUI Binjai Tiadakan Muzakarah Dan Safari Ramadhan

KETUA MUI Binjai DR. HM Jamil, MA. Waspada/Riswan Rika
KETUA MUI Binjai DR. HM Jamil, MA. Waspada/Riswan Rika

BINJAI (Waspada): Dewan Pimpinan (DP) Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kota Binjai meniadakan program muzakarah dan safari ramadhan tahun ini. Ketua MUI Binjai DR. HM Jamil, MA menjelaskan, Jumat (1/5), tidak diselenggarakan muzakarah dan safari ramadhan akibat dampak Virus Corona atau Covid-19. Program muzakarah merupakan agenda MUI Binjai setiap tahun dan pelaksanaannya setiap minggu selama ramadhan.

Muzakarah diisi nara sumber dari berbagai keilmuan dari Sumatera Utara, Aceh, bahkan ada dari Jakarta. ”Beberapa tokoh nasional sudah menjadi langganan muzakarah,” jelas HM Jamil. Mengisi ketiadaan muzakarah diprogram serial ceramah singkat ditayangkan melalui media online setiap hari, diisi ceramah Ketua MUI Binjai dengan berbagai topik yang setiap harinya berbeda.

“Program SCS yang di produksi mahasiswa PTKU Binjai, ternyata mendapat respon positip dari berbagai wilayah bahkan dari negara tetangga, Penang, Malaysia,” ujar HM Jamil. HM Jamil menyebutkan kedepan, Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) Binjai akan lebih disempurnakan dengan ilmu komunikasi dan jaringan, sehingga mampu memberikan keilmuannya melalui media mainstream.

Begitu juga batalnya safari ramadhan MUI Binjai, safari ramadhan merupakan wadah silaturahmi sekaligus mengisi penceraham umat disetiap masjid dan mushola di kota Binjai. Program itu selain diizi ulama juga diterjunkan mahasiswa PTKU untuk menjadi imam dan ceramah. Tidak saja selama ramadhan, mahasiswa PTKU sudah banyak mendapat giliran ceramah sholat jumat, bahkan ada beberapa pesantren menawarkan menjadi tenaga pendidik.

Mahasiswa PTKU berceramah secara sukarela, akibat mobil yang selama ini dipergunakan DP MUI Binjai merupakan milik Pemko Binjai dan sudah dikembalikan sesuai permintaan Pemko Binjai. Mahasiswa yang akan berceramah diantar mempergunakan mobil pribadi pengurus atau mempergunakan gojek atau dijemput dan antar pengurus BKM.

Apalagi mahasiswa berceramah ke Langkat dan Deli Serdang. (a12)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2