Milisi Serang Israel Dengan Roket Karena Gusur Warga Palestina - Waspada

Milisi Serang Israel Dengan Roket Karena Gusur Warga Palestina

  • Bagikan
Pemadam kebakaran Israel berusaha memadamkan api yang menghanguskan kawasan hutan di dekat perbatasan akibat serangan balon pembakar yang diterbangkan oleh milisi Palestina dari Jalur Gaza. AP

JALUR GAZA, Palestina (Waspada): Milisi di Jalur Gaza menembakkan tiga roket menuju wilayah selatan Israel pada Senin (10/5/2021) pagi waktu setempat. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melaporkan, peluncuran roket tersebut memicu sirene kota Sderot dan wilayah di sekitasnya berbunyi.

Pejabat pemerintah setempat mengatakan, setidaknya satu roket tersebut berhasil dicegat oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome. Sementara ini belum ada ada laporan langsung tentang cedera atau kerusakan akibat roket tersebut.

Serangan itu terjadi pada Senin sekitar pukul 6.20 waktu setempat, waktu yang tidak biasa untuk peluncuran roket semacam itu dari Jalur Gaza, yang umumnya terjadi pada malam hari.

Sebagai tanggapan atas peluncuran roket itu, Israel mengumumkan penutupan jalur pedestrian Erez Crossing ke Jalur Gaza sampai pemberitahuan lebih lanjut. Serangan roket tersebut terjadi setelah Israel juga menutup zona penangkapan ikan di Jalur Gaza.

Tindakan Israel tersebut memotong sumber pendapatan utama bagi ribuan warga Palestina di daerah kantong pesisir itu. Pada Minggu (9/5/2021) malam waktu setempat, ada dua roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza menuju kota Ashkelon dan komunitas sekitarnya.

IDF mengatakan, satu roket berhasil dicegat sementara lainnya mendarat di area terbuka. Melalui serangan kedua pada Minggu malam waktu setempat, dua mortir ditembakkan ke arah Israel dari Jalur Gaza, tetapi gagal melewati perbatasan.

Sepanjang Minggu, balon-balon pembakar yang diluncurkan dari Jalur Gaza ke Israel juga menyebabkan puluhan kebakaran di Israel selatan. Serangan itu terjadi di tengah insiden kekerasan di Yerusalem ketika pengunjuk rasa Palestina bentrok dengan polisi Israel selama beberapa hari terakhir.

Di Yerusalem, Israel berupaya menggusur warga Palestina di lingkungan Sheik Jarrah. Upaya penggusuran tersebut sangat kontroversial dan Israel mendapat kecaman keras dari dunia internasional, termasuk sekutu dekat mereka. (times of israel/m11)

  • Bagikan