Waspada
Waspada » Messi Makin Sulit Bertahan Barca
Headlines Olahraga

Messi Makin Sulit Bertahan Barca

Diario AS

MADRID (Waspada): Jorge Horacio Messi (foto kiri), ayah sekaligus agen Lionel Messi (foto kanan), menegaskan putranya makin sulit bertahan membela Barcelona dengan kian kencangnya polemik di antara kedua kubu.

“Masa depannya di Barcelona? Sulit, semakin sulit untuk bertahan,” jelas Jorge setibanya di Barcelona, Rabu (2/9).

Pria berusia 62 tahun itu sengaja datang dari Argentina untuk membantu memecahkan kebuntuan antara manajemen El Barca dengan sang kapten. Dia mengonfirmasi Messi kemungkinan besar akan meninggalkan Camp Nou sebagai langkah terbaik.

Hanya saja dia membantah telah melakukan kontak dengan Pep Guardiola untuk menjajaki kepindahan superstar berumur 33 tahun itu ke Manchester City.

“Saya belum berbicara dengan Pep. Belum ada apa-apa dengan Man City,” jelas Jorge, sebagaimana diberitakan Goal Internasional.

Tim hukumnya menegaskan bahwa Messi sudah secara sepihak memutuskan kontraknya dengan Barca lewat burofax yang dikirimkan sepekan lalu. Karenanya mesin gol berjulukan La Pulga alias Si Kutu itu tidak menghadiri rangkaian tes Covid-19 atau sesi latihan pertama di bawah asuhan entrenador anya Ronald Koeman.

Sebaliknya El Blaugrana mengklaim, klausul dalam kontrak terakhir Messi yang ditekan pada 2017 lalu membuatnya boleh pergi dalam status bebas transfer pada akhir setiap musim. Namun itu sudah melewati tenggat waktu Juni lalu.

El Catalan pun bersikukuh La Pulga masih terikat kontrak sampai 2021, sehingga calon pembelinya harus memenuhi klausul lepas 700 juta euro alias 13 triliun rupiah lebih.

Menurut Record Sport, Messi sudah menyepakati syarat-syarat finansial untuk kontrak berdurasi lima tahun senilai senilai 623 juta pound atau sekitar Rp12,2 triliun untuk bergabung dengan Citizens.

Kontrak gila-gilaan itu akan membuat dirinya menjadi olahragawan berbayaran paling mahal di dunia. Harga itu setara 14.200 pound (Rp279 juta) per jam, 341 ribu pound (Rp6,1 miliar) per hari, 2,4 juta pound (Rp47 miliar) per minggu, atau 10,4 juta pound (Rp204 miliar) per bulan.

Dalam kontrak itu Messi akan menghabiskan tiga musim memperkuat City di Etihad, sebelum gabung klub MLS New York City FC selama dua tahun. Pemilik NY City juga pemilik ManCity.

Eric Garcia, De Jong

Bek City asal Spanyol yang tengah dibidik Barca, Eric Garcia, Garcia menyatakan sangat senang bila nanti bermain dengan Messi di Liga Premier. Garcia untuk pertama kalinya dipanggil masuk timnas sebagai bagian dari wajah baru La Roja asuhan entrenador Luis Enrique.

Rencana kedatangan Si Kutu disinyalir memperkuat alasan Garcia untuk bertahan memperkuat Citizens sampai musim panas 2021 dengan menolak tawaran Barca.

“Memang benar saya bilang kepada klub bahwa saya tak berniat memperpanjang kontrak saya melebihi 2021,” jelas Garcia melalui Marca.

“Namun saya akan kembali ke Manchester begitu saya selesai dengan tugas internasional Spanyol. Saya fokus ke masa depan bersama City,” beber bek sentral berumur 19 tahun itu.

Garcia alumnus akademi La Masia yang gabung City sejak tahun 2017. Dia santer dikabarkan menjadi bonus tambahan yang ditawarkan Citizens untuk Los Cules demi mendatangkan Messi.

Hanya saja menurut Frenkie De Jong, gelandang Barca asal Belanda, Messi masih menjadi anggota grup WhatsApp para pemain El Blaugrana. WAG itu hanya beranggotakan pemain-pemain tim pertama, sedangkan pemain yang pindah ke klub lain biasanya langsung keluar dari grup.

“Saya harap Messi masih di sana (Barcelona) ketika saya kembali. Tetapi itu bukan hal yang bisa saya kendalikan, yaa… dia masih berada di grup (WA),” klaim De Jong yang sedang mengikuti pemusatan latihan Timnas Belanda untuk laga UEFA Nations League.

Messi sudah mencetak 634 gol dalam 731 penampilan resmi bersama Barca di semua kompetisi. Si Kutu juga telah memenangkan semua trofi utama antar klub, seperti Liga Champions, Piala Dunia Klub, Piala Super Eropa, La Liga dan Copa del Rey.

“Bagi saya, opsi pertama adalah selalu berada di Barcelona. Setiap pemain harus melakukan analisisnya sendiri dan saya percaya itu momen saya,” ucap Ivan Rakitic.

“Apa yang akan dilakukan Messi dan pemain lain, saya tidak tahu. Anda harus bertanya kepada mereka,” tambah gelandang Kroasia yang baru menuntaskan kepindahannya dari Barcelona ke Sevilla tersebut. (m08/goal/mrc)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2