Waspada
Waspada » Meski PPKM, Jamaah Shalat Idul Adha Semua Masjid di Banda Aceh Membludak
Aceh Headlines

Meski PPKM, Jamaah Shalat Idul Adha Semua Masjid di Banda Aceh Membludak

Jamaah shalat Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Selasa (20/7/2021). Waspada/Aldin
Jamaah shalat Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Selasa (20/7/2021). Waspada/Aldin

BANDA ACEH (Waspada): Hampir semua masjid menggelar shalat Idul Adha (shalat Ied) dan disesaki jamaah. Tak kecuali di masjid kebanggaan rakyat Aceh yakni Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, terlihat jamaahnya membludak meski di tengah pandemi COVID-19, Selasa (20/7/2021) pagi.

Berdasarkan pantauan Waspada masjid raya dipenuhi jamaah mulai di ruangan dalam hingga ke pelataran dan juga sampai ke area taman dan pintu gerbang masjid.

Sebelum masuk ke dalam masjid, tampak TNI dan personel Polri berjaga-jaga dan membagikan masker kepada jamaah yang tidak mengenakan masker.

Selain itu, sebelum memulai shalat Idul Adha, panitia pelaksana juga memberikan peringatan kepada jamaah agar selalu memakai masker sebelum dan sesudah shalat.

Walaupun demikian, sangat disayangkan pelaksanaan shalat tidak menerapkan jaga jarak antara satu jamaah dengan jamaah lainnya, lantaran jamaah penuh sesak.

Pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, dimulai tepat pada jam 07:30 WIB yang diimami Tgk Ivan Aulia, sedangkan khatib Tgk Sirajuddin Saman.

Pelaksanaan shalat Idul Adha berlangsung secara khidmat dan khusuk sampai khatib selesai menyampaikan tausyiah selama 24 menit.

Di sejumlah masjid lainnya juga hampir sama. Jamaahnya membludak. Antara lain di Masjid Meukutup Seutui dan Masjid Lampoh Daya, Masjid besar Ulee Lheue dan masjid lainnya.

Di masjid Meukutup, menghadirkan Prof Dr Sjamsul Rizal sebagai penceramah. Di masjid ini sekitar pukul 08.00 sudah selesai pelaksanaan shalat Idul Adha. Namun ada juga yang ceramahnya panjang seperti di masjid Lampoh Dayah Kecamatan Jaya Baru. (b01)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2