Lakukanlah yang terbaik untuk pelanggan agar penjualan (total sales) dan penguasaan pasar (market share) dan laba (profit) meningkat. Sebab itu merawat dan mengembangkan pasar harus dilakukan
Tahukah pengusaha bahwa persaingan usaha masa mendatang semakin ketat karena terus bertambahnya jumlah perusahaan dan sulitnya menyamakan diri dengan usaha yang telah maju sebelumnya. Di samping itu sadarkah pengusaha bahwa perekonomian semakin tidak mendukung kegiatan usaha karena dilanda stagflasi dunia dan nasional.
Tahukah pengusaha bahwa pemerintah telah menaikan tarif pajak dan harga barang pemerintah (administered price) seperti BBM, listrik, gas yang mendorong biaya usaha dan kenaikan inflasi (cost push inflation). Dan masih banyak lagi kendala yang akan menghadang pengusaha.
Kondisi ini menjadikan operasional perusahaan semakin berat dan berdampak pada munculnya resiko yang tak diduga. Perusahaan pasca pandemi Covid banyak mengalami tekanan. Pascapandemi Covid kesempatan berusaha memang terbuka tapi tantangan juga bertambah.
Harga bahan baku impor juga naik sejalan melemahnya nilai tukar rupiah dan kenaikan harga di pasar global. Sebagai badan usaha pengusaha harus peka terhadap perkembangan yang terjadi dan segera mengambil sikap demi menjaga eksistensi perusahaan. Menjaga eksistensi sama beratnya dengan mulai membangun perusahaan.
Sebuah badan usaha harus bersifat dinamis. Tidak saja peka akan perkembangan/perubahan juga peka akan kreatifitas baik produk maupun pemasarannya. Produk dan strategi pemasaran harus terus berubah mengikuti selera pelanggan.
Tidak boleh bersifat tetap. Bertindaklah sebelum kebosanan pelanggan dan produk baru competitor muncul. Kebosanan dan produk competitor akan mengarahkan pelanggan berpaling pada perusahaan lain. Produk diciptakan oleh banyak pengusaha sehingga persaingan sangatlah ketat.
Sebagai pengusaha tidak boleh puas dengan apa yang telah dicapai. Keberhasilan pada satu tahap harus diikuti oleh keberhasilan tahap berikutnya. Pengusaha bekerja tanpa henti. Banyak pengusaha lupa melakukan perubahan produk dan strategi pemasaran karena terlena akan keberhasilan yang telah dicapai. Perubahan dilakukan secara perlahan dan berpedoman pada peruhahan yang terjadi pada perusahaan competitor.
Bagi pengusaha yang belum bangkit tidak boleh cepat kecewa. Cepat kecewa pertanda pengusaha tidak berbakat bisnis. Teruslah berupaya dan mencari jalan agar bisa lepas dari kesulitan yang dihadapi.
Banyak pengusaha yang mengaku kesulitan mendapatkan modal. Modal memang diperlukan tapi tidak lebih penting daripada integritas pengusaha terhadap perusahaannya. Jika integritas pengusaha tinggi banyak kawan yang akan membantu. Banyak pengusaha bangkit tanpa modal besar. Ia hanya memiliki integritas dan kesungguhan sehingga banyak kawan yang mau bekerjasama. Kerjasama inilah yang penting.
Sebutan tidak satu jalan ke Roma adalah benar jika pengusaha mempergunakan pikirannya di dalam pemecahan kesulitan. Integritas menciptakan kerja sama dan kerja sama menciptakan kekuatan serta jaringan usaha. Badan usaha boleh beda tapi kerja sama harus dilakukan dalam rangka memperkuat pemasaran.
Hanya pengusaha yang tahu akan kesulitannya maka pecahkanlah kesulitan itu agar perusahaan keluar sebagai pemenang. Banyak pengusaha yang bisa menghasilkan barang (produk) tapi sulit di dalam memasarkannya (pemasaran). Di sinilah perlunya kerja sama yang menciptakan jaringan bisnis yang saling bantu membantu.
Membicarakan produk agak sulit karena tiap perusahaan punya produk sendiri. Produk itu sangat banyak macam dan jenisnya. Ada produk satu kali pakai (non durable goods) dan ada produk yang bisa dipakai berkali kali (durable goods).
Ada barang manufaktur dan ada barang konsumsi dan sebagainya. Sebab itu tulisan ini hanya membahas pemasarannya saja. Apapun produknya strategi pemasarannya hampir sejalan.
Pengembangan pasar penting untuk mengejar total penjualan (total sales) yang besar. Total sales tidak saja berguna bagi mengukur perolehan laba (profit) tapi juga untuk mengejar penguasaan pasar (market share) dalam jumlah banyak agar perusahaan bisa sebagai market leader (penentu harga) pasar.
Walaupun kini sistim monopoli terlarang namun mengejar market share yang banyak (dalam persentase) dapat dilakukan.
Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengejar total penjualan (total sales) berjumlah besar atau dalam rangka mengejar market share yang banyak (dalam persentase).
Pertama, pengusaha harus terus meningkatkan aktifitas pemasaran dengan selalu melakukan promosi atau ikut bazaar/pameran secara aktif, melakukan posting atas produk yang diproduksi/dijual di media sosial sampai pemasangan iklan.
Maksudnya tidak lain agar calon pelanggan tahu bahwa barang yang diproduksi/dijual itu ada. Keterangan atas barang harus lengkap dan jelas sehingga calon pelanggan mudah menghubunginya. Makin jelas keterangan yang diberikan dalam promosi semakin mudah pengusaha menarik calon pelanggan.
Banyak pengusaha yang enggan melakukan aktivitas ini atau melakukannya sekadarnya dengan alasan biaya. Memang aktifitas pemasaran ini memerlukan biaya tapi jangan lupa biaya itu akan kembali jika pemasaran berhasil.
Di sinilah pertimbangan dan pemikiran diperlukan agar pemasaran mencapai tujuan. Sebagai pengusaha harus berhadapan dengan resiko (resiko rugi). Laba dan rugi adalah sahabat tiap pengusaha. Itu sudah menjadi hukum dalam dunia usaha,
Kedua, seterusnya pengusaha harus pula meningkatkan kualitas layanan (service to consumers) agar pembeli/calon pembeli merasa nyaman dalam berbelanja. Jangan tanya bagaimana melayani pelanggan dari diri sendiri tapi tanyakanlah hal itu pada pelanggan.
Semakin nyaman pelanggan berbelanja semakin banyak mulut yang membicarakan perusahaan sehingga pengusaha hanya tinggal menunggu kedatangan calon pembeli lainnya. Pelanggan dapat dijadikan trompet untuk kemajuan perusahaan.
Service to consumers bisa berjalan baik jika pengusaha juga menerapkan service to employee. Service to employee menyangkut sikap/kebijakan pengusaha pada pekerja (upah, tunjangan sosial, hari libur dan sebagainya) sehingga pekerja bekerja produktif. Tak ada service to consumers jika service to employee diabaikan. Pelaksana kerja dalam satu perusahaan adalah pekerja.
Tiap pengusaha harus terampil dalam menjawab pertanyaan yang disampaikan calon pelanggan tentang produk yang dihasilkan/dijual. Dan jawabannya tidak boleh menimbulkan kebimbangan bagi calon pelanggan. Tenaga pemasaran sebagai ujung tombak harus dilatih sehingga dapat melakukan pelayanan dengan baik.
Jangan katakan tidak ada atau habis pada pelanggan tapi bantu pelanggan agar mendapatkan barang yang ia cari. Itulah gunanya jaringan kerja sama dalam pemasaran. Pengusaha bisa mempergunakan telefon kepada perusahaan lainnya agar barang dimaksud segera dikirim.
Ketiga, pengusaha harus melakukan peningkatan kualitas produk secara terus menerus. Banyak pengusaha yang mengartikan kualitas produk hanya pada produknya saja. Ini keliru. Kualitas produk mempunyai arti yang sangat luas.
Selain produknya sendiri maka penampilannya juga harus menarik seperti packaging, warna, bentuk dan rasa. Ia menjadi barang yang berbeda dengan barang lainnya yang sejenis. Ciptakan rasa bangga pembeli atas pembeliannya sehingga ia akan kembali lagi pada waktu berikutnya.
Keempat, bagi perusahaan kuliner/resto/toko dan usaha jasa lainnya harus diperhatikan tentang lingkungan yang tertata bersih dan nyaman serta tersedianya fasilitas parkir dan keamanan. Hal ini banyak dilupakan oleh pengusaha sehingga pelanggan enggan untuk singgah.
Pelanggan mampir bukan sekadar untuk membeli produk/jasa saja tapi juga untuk mendapatkan kenikmatan dari kunjungannya itu.
Kesimpulannya adalah lakukanlah yang terbaik untuk pelanggan agar penjualan (total sales) dan penguasaan pasar (market share) dan laba (profit) meningkat. Sebab itu merawat dan mengembangkan pasar harus dilakukan. Terima kasih.
Penulis adalah Pemerhati Ekonomi, bhmiraza@gmail.com.
Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaZRiiz4dTnSv70oWu3Z dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.