Waspada
Waspada » Mensos Cek Langsung Penyaluran Bansos Sembako
Headlines Nusantara

Mensos Cek Langsung Penyaluran Bansos Sembako

JAKARTA (Waspada): Menteri Sosial RI Juliari P Batubara mengecek langsung proses distribusi bantuan sembilan bahan pokok (sembako) di DKI Jakarta.

Dia pun menemui sejumlah warga guna memastikan penyaluran berjalan lancar, tepat sasaran dan tepat jumlah.

Seperti diketahui, penyaluran bantuan sembako untuk wilayah Jabodetabek sudah dimulai sejak Senin lalu (20/4) lalu.

“Hari ini saya ingin melihat langsung proses penyerahan bansos kepada warga di Jakarta Timur yang dilakukan oleh PT Pos,” ujar Mensos Juliari usai memberikan secara simbolis bansos sembako kepada warga di Kel. Jati, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (24/4).

Berkemeja batik lengan panjang dan menggunakan masker, mensos tampak berdialog dengan warga yang baru saja menerima bansos sembako.

Mensos menjelaskan bahwa bansos sembako ini akan mereka terima sebanyak enam kali hingga bulan Juni mendatang.

“Sebagaimana arahan Presiden Bapak Joko Widodo, bansos harus segera disampaikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 secepatnya, sesegera mungkin. Negara harus hadir di tengah rakyat untuk memberikan perlindungan,” tegas Ari.

Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sembako untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga prasejahtera dan rentan terdampak Covid-19 melalui bantuan sembako untuk 1,9 juta untuk warga Jabodetabek.

“Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat ya ibu,” tutur Mensos saat menyerahkan satu tas besar bansos sembako kepada seorang ibu bernama Tuti Purwaningsih warga Kel. Jati, Kec. Pulogadung.

Agar bansos sembako tepat sasaran, mensos mengimbau kepada aparat setempat berperan aktif mengawal penyaluran bantuan sembako.

“Pak RT dan Pak RW yang paling tahu bagaimana kondisi warganya. Oleh karena itu pelibatan RT/RW, kelurahan, kecamatan hingga pemerintah provinsi wajib dilakukan agar bantuan yang disalurkan benar-benar tepat sasaran,” katanya.

Sementara itu warga RT 11 Kel. Jati, Kec. Pulogadung, Julihar Gultom, 45, yang telah menerima bantuan sembako mengaku bersyukur atas bantuan pemerintah berupa sembako.

“Dengan adanya bantuan ini sangat menolong dan sangat membantu buat kita semua yang terdampak Covid-19,” ungkap Juli.

Pria yang bekerja sebagai sopir taksi online tersebut mengungkapkan bahwa saat ini hanya bisa mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah.

“Iya, sangat terasa sekali dampak dari Covid-19 ini. Biasanya bisa bekerja di luar rumah, namun karena imbauan pemerintah ini mau tidak mau semua kegiatan kita lakukan di dalam rumah”, ungkapnya.

Dengan bantuan sembako yang ia terima, akan dikelola dengan baik untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Anggota keluarga saya empat jadi ya kita optimalkan menggunakan bantuan ini sebaiknya sehingga cukup sampai 2 minggu,” katanya. (dianw)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2