Waspada
Waspada » Meninggal Positif Covid-19 Di Sumut Jadi 24 Orang
Headlines Medan

Meninggal Positif Covid-19 Di Sumut Jadi 24 Orang

PETUGAS menarik jenazah dalam peti untuk dikebumikan di TPU Simalingkar B, Medan. Hari ini, Minggu (10/5), warga meninggal dunia positif Covid-19 menjadi 24 orang. Waspada/Surya Efendi
PETUGAS menarik jenazah dalam peti untuk dikebumikan di TPU Simalingkar B, Medan. Hari ini, Minggu (10/5), warga meninggal dunia positif Covid-19 menjadi 24 orang. Waspada/Surya Efendi

MEDAN (Waspada): Warga Sumatera Utara (Sumut) yang meninggal dunia dengan status positif virus Corona (Covid-19) menjadi 24 orang.

Sehari sebelumnya 21 orang, hari ini menjadi 24 orang yang meninggal dunia.

Sehingga, orang yang meninggal dunia dengan status positif virus Corona di Sumut bertambah 3 orang.

Hal itu disebutkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (JBGTPP) Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah, MM, Minggu (10/5).

Saat menyampaikan perkembangan terkini Covid-19 wilayah Sumut, Aris menjelaskan, 24 orang meninggal dunia tersebut, 13 warga Medan, 5 Deli Serdang, 1 Asahan, 1 Serdang Bedagai, 1 Tanjung Balai, 1 Padangsidimpuan, 1 Labuhanbatu Utara dan 1 warga dari luar Sumatera Utara.

Sementara, pasien positif Covid-19 yang dirawat, masih sama seperti kemarin, yakni 179 orang.

Sebanyak 179 pasien positif Covid-19 sedang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit itu, 132 pasien ada di Kota Medan dan 20 pasien di Deli Serdang.

Lalu, 7 pasien positif ada di Pematang Siantar, 4 di Asahan, 3 di Simalungun, 2 di luar Sumatera Utara dan di Tanjung Balai, Binjai, Tebing Tinggi, Padangsidimpuan, Karo, Labuhanbatu, Tapanuli Utara, Dairi, Toba, Serdang Bedagai serta Labuhanbatu Utara, masing-masing 1 merawat pasien positif Covid-19.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit, turun 9 orang. Sebelumnya 158 PDP, menjadi 149 PDP.

Sedangkan orang dalam pemantauan (OTG) di Sumut ada 637 Orang.

Pasien positif Covid-19 yang sembuh masih tetap 48 orang dan PDP sembuh (discarded) sebanyak 163 orang.

Strategi Berbasis Komunitas

Jubir GTPP Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah, MM menyebutkan, sampai saat ini, sebanyak 16 kabupaten kota telah ditemukan kasus Covid-19.

Diantaranya, Medan, Pematang Siantar, Tanjung Balai, Binjai, Tebing Tinggi, Padangsidimpuan, Deliserdang, Karo, Simalungun, Asahan, Labuhanbatu, Tapanuli Utara, Dairi, Toba, Serdang Bedagai dan Labuhanbatu Utara.

Berkaitan dengan hal tersebut, Aris mengatakan, GTPP Covid-19 Sumut melakukan percepatan penanganan berbasis komunitas untuk membendung paparan Covid-19.

Strategi ini bertujuan untuk melindungi warga yang masih sehat dan menyembuhkan warga yang sakit.

Dengan strategi ini, GTPP Covid-19 Sumut menekankan pelibatan seluruh lapisan masyarakat untuk mencapai tujuan tersebut.

‘’Ini bukan mendorong masyarakat menjadi sukarelawan atau mengumpulkan bantuan untuk warga lainnya, namun mengumpulkan perasaan saling mendukung usaha satu dengan lainnya,’’ jelas Aris. (m29)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2