Maratua Simajuntak: Selidiki Tuntas Motif Pembacokan Ketua MUI Labura

Maratua Simajuntak: Selidiki Tuntas Motif Pembacokan Ketua MUI Labura

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, Dr H Maratua Simajuntak (foto) meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas sebab pembunuhan Ketua MUI Labura.

“Ya, kita minta diusut tuntas. Jangan sampai kasus ini dinyatakan pelakunya orang gila. Motif-motif pembunuhan harus jelas, sehingga umat Islam tidak menduga-duga,” kata Maratua, Selasa (27/7).

Kata dia, penyelidikan yang tuntas, termasuk bukti bahwa pelakunya disebutkan gila atau tidak waras, harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter yang jelas.

“Jadi umat Islam menunggu, apa keputusan polisi dari hasil penyelidikanya terkait kasus pembunuhan ini. Apa dan kenapa dia melakukan pembacokan itu. Begitupun kita apresiasi kinerja polisi yang menangkap pelaku dengan cepat. Maka perlu penyelidikan kenapa dia membacok itu,” sebut Maratua.

Dia juga menyampaikan rasa sedih yang mendalam atas kejadian ini.

“Beliau ketua yang sangat santun. Saya kenal dia saat menjadi Ketua FKUB Labura dan Ketua IPHI Labura. Dalam berbagai kegiatan MUI di daerah, beliau juga selalu meminta saran dan ide atas kegiatan yang akan dilaksanakan. Intinya, jika ulama yang wafat, maka dia membawa ilmunya dan akan hilanglah cahaya penerang umat,” pungkasnya.

Kutuk Keras

Terpisah, Direktur Lembaga Advokasi Umat Islam (LADUI) MUI Sumut, Dr.H.Abdul Hakim Siagian berpendapat, pihaknya mengutuk perbuatan sadis dan biadab itu.

Polisi kita harapkan segera mengungkap motif pelaku dan kebenaran yang terjadi sehingga pelaku sekeji itu. Kemudian juga mengambil tindakan tegas untuk memberikan efek jera.

“Tindakan tegas dan keras itu diperlukan untuk memulihkan goncangan masyarakat sebab kebiadaban dan kesadisan perbuatan sipembunuh ini memang-memang sangat sadis.

Apresiasi kita pada polisi yang bergerak cepat serta bantuan masyarakat yang sudah lebih dulu mengamankan pelaku yang disebut inisial AD ini ” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua MUI Labura H Aminul Rasyid Aruan korban pembacokan di daerah Panjang Bidang Kecamatan Kualuh Selatan, Labuhanbatu Utara (Labura).(m22)

  • Bagikan