Waspada
Waspada » Malaysia Tutup Pintu Bagi WNA
Headlines Sumut

Malaysia Tutup Pintu Bagi WNA

DELISERDANG (Waspada): Wacana Pemerintah Malaysia akan menutup pintu bagi warga negara asing (WNA) termasuk Indonesia per 7 September menyusul kian tingginya jumlah kasus virus Covid-19 bakal berdampak bagi industri penerbangan khususnya di Kualanamu International Airport (KNIA).

Ketua Airline Operator Committe (AOC) Kualanamu Rahmat Iskandar Dinata yang dikonfirmasi, Kamis (3/9) menyatakan tidak bisa berbuat banyak dengan kebijakan baru yang akan dilakukan Malaysia, dan tidak bisa diintervensi negara lain.

Karena itu murni untuk menyelamatkan warganya dari bahaya Covid-19.

“Infonya tidak hanya Indonesia termasuk juga negara India dan Fhilipina, solusinya kita berharap pada pemerintah dan warga Indonesia hal ini menjadi pembelajaran jika ini benar diterapkan. Ke depan Covid-19 ini harus benar-benar ditangani serius,” katanya.

Rahmat Iskandar Dinata yang juga Station Manager Malaysia Airline Kualanamu ini mengaku sejak awal pandemi Covid-19 Maret 2020, pihaknya sudah meniadakan pelayanan penumpang Kualanamu (KNO)-Malaysia dan sebaliknya.

Kalaupun ada, itu hanya carter.

Sedangkan sejauh ini yang melayani penumpang KNO-Malaysia hanya maskapai AirAsia.

“Intinya, kita berharap kondisi ini segera pulih sehingga penerbangan internasional berjalan lancar,” paparnya.

Disoal tingkat keterisian tempat duduk (seat) bagi penumpang maskapai KNO tujuan luar negeri khususnya Malaysia sejak penerapan new normal, menurutnya, untuk keberangkatan di bawah 15 persen kalau kedatangan bisa mencapai 70 persen karena banyak warga negara Indonesia pulang dari Malaysia.

Sementara, Distrik Manager AirAsia Kualanamu, Benjamin yang dikonfirmasi menyatakan sejauh ini pihaknya tetap melayani penumpang KNO-Kualalumpur-Penang Malaysia.

“Untuk hari ini masih ada penerbangan KNO-Kualalumpur dan ke Penang begitu juga sebaliknya,” sebutnya.

Terkait kebijakan yang akan dilakukan Malaysia, pihaknya belum bisa berkomentar banyak.

Airport Duty Manager PT Angkasa Pura II Kualanamu Dedi Yuda Negara mengaku pihaknya sebagai pengelola Bandara Kualanamu belum mendapat pemberitahuan secara resmi baik dari maskapai atau Malaysia atas aturan tersebut.

“Kita berharap kebijakan itu tidak tejadi sehingga penerbangan lancar,” cetusnya.

Terkait penerbangan di KNO menurutnya sejauh ini masih aman dan lancar termasuk domestik.

Sedangkan rute international masih ada tapi untuk penerbangan khusus saja.

Sebagaimana diketahui, Malaysia akan menutup pintu untuk warga negara India, Filipina dan Indonesia per 7 September mendatang menyusul kian tingginya jumlah kasus virus Corona di 3 negara tersebut.

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob.

Hal ini berarti Malaysia kian menutup dirinya untuk warga negara asing.

Malaysia sejak Maret sudah melarang turis asing masuk. Keputusan itu diambil dalam sidang menteri Malaysia, Selasa (1/9). (a13)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2