Makkah Diguyur Hujan Deras Dan Butiran Es, Jamaah Umrah Tetap Beribadah - Waspada

Makkah Diguyur Hujan Deras Dan Butiran Es, Jamaah Umrah Tetap Beribadah

  • Bagikan
Sejumlah jamaah umrah tetap melakukan tawaf di Masjidil Haram meski hujan deras yang disertai butiran es melanda kota itu pada Selasa waktu setempat. Haramain Info

MAKKAH, Arab Saudi (Waspada): Kota Makkah di  Arab Saudi diguyur hujan deras disertai angin kencang dan butiran es pada Selasa (27/4/2021) waktu setempat. Sejumlah wilayah dilaporkan mengalami kebanjiran.

Namun, kondisi cuaca ekstrem itu seperti tak menyurutkan jamaah umrah untuk tetap beribadah di mataf, area sekeliling Ka’bah tempat tawaf di Masjidil Haram.

Makkah dikabarkan dilanda hujan selama tiga jam mulai pukul 14.00 hingga 16.00 Waktu Arab Saudi yang empat jam lebih lambat dibandingkan Indonesia.  Meski hujan deras, sejumlah jemaah umrah tetap melanjutkan tawafnya sembari membawa payung.

Namun, sebagian memilih berteduh di dekat area masjid. Saat shalat Ashar berjamaah dilaksanakan, hujan lebat juga masih turun. Beberapa jamaah umrah tetap mengikuti shalat di bawah guyuran hujan di depan Ka’bah.

Dalam video yang diunggah akun twitter Haramain Sharifain, tampak butiran es juga turun menyertai hujan deras tersebut. “Sekarang | Hujan es di Masjidil Haram, Makkah,” tulisnya. Pengelola Masjidil Haram juga mengumumkan hujan deras tersebut di akun Twitter mereka.

“#Sekarang. Pada bulan penuh kebaikan dan berkah ini, hujan deras terjadi di Masjidil Haram. Semoga Allah menurunkan hujan yang penuh kebaikan dan berkah,” tulisnya.

Hujan deras yang turun di Makkah disambut gembira oleh warga Arab Saudi dan jamaah umrah di Masjidil Haram. Media sosial dipenuhi unggahan video-video hujan yang turun ketika anak-anak muda Saudi memanfaatkan kesempatan itu untuk menunjukkan negara mereka dalam sudut pandang yang berbeda.

“Saya ingin dunia melihat betapa indahnya Arab Saudi, bahkan selama musim panas,” tutur Areej Hasan, dari Abha di barat daya negara itu. “Jalan-jalan Abha yang indah dihiasi dengan bunga ungu dari pohon jacaranda dan merupakan pemandangan langka untuk melihatnya basah kuyup dalam hujan,” lanjutnya.

Hujan yang jarang terjadi membuat anak-anak turun ke jalan untuk bermain saat orang dewasa menyambut suhu yang lebih dingin.

Dalam unggahan lainnya, tampak juga bagaimana banjir menerjang Kota Makkah. Arus deras banjir tampak setinggi ban mobil yang tengah terparkir.

Pemerintah Provinsi Makkah lewat Twitter mengumumkan bahwa potensi hujan sedang hingga lebat masih terjadi pada Rabu hingga Minggu nanti. (haramain/m11)

  • Bagikan