Waspada
Waspada » Mahasiswa Unimed Terdampak Covid-19 Dapat Bantuan Biaya UKT
Headlines Nusantara Pendidikan

Mahasiswa Unimed Terdampak Covid-19 Dapat Bantuan Biaya UKT

MEDAN (Waspada): Pandemi Covid-19 sangat berdampak kepada perekonomian masyarakat, sehingga tidak sedikit orang tua mahasiswa kesulitan membayar UKT anaknya.

Untuk membantu kendala perekonomian orang tua mahasiswa dalam memenuhi kewajiban membayar UKT, Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan melalui Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 dengan memberikan bantuan berupa keringanan pembayaran UKT bagi orang tua mahasiswa.

Menyahuti kebijakan tersebut, Unimed membuka pendaftaran bagi mahasiswa semester 3, 5, dan 7 untuk mendapatkan bantuan keringanan biaya UKT.

Bagi mahasiswa Unimed yang ingin mendapatkan bantuan keringanan UTK tersebut dapat melakukan pendaftaran dengan melengkapi beberapa persyaratan melalui online via laman.

Pendaftaran bantuan keringanan UKT bagi mahasiswa UNIMED sudah dibuka sejak 20 s/d 26 Juli 2020 dan kemudian diperpanjang kembali hingga 15 agustus 2020.

Adapun persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar bantuan biaya UKT adalah sebagai berikut:

  • Mahasiswa aktif semester tiga, lima dan tujuh bagi mahasiswa Program S1, dan semester tiga dan lima bagi mahasiswa Program D-3.
  • Mahasiswa yang orang tua/walinya mengalami kendala finansial karena dampak Covid-19, mahasiswa dari keluarga peserta program keluarga harapan (PKH), atau pemegang kartu keluarga sejahtera (KKS), yang dibuktikan dengan dokumen resmi pemerintah.
  • Membuat surat pernyataan bahwa orangtua/wali penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak Covid-19.
  • Mahasiswa yang besaran UKT/SPP nya maksimal Rp2,400,000,- (dua juta empat ratus ribu rupiah).
  • Tidak sedang menerima beasiswa bidikmisi atau beasiswa lainnya.
  • Surat keterangan penghasilan orangtua/wali dari pihak yang berwenang (lurah/kepala desa).
  • Fotocopi kwitansi UKT/SPP semester genap 2019/2020.
  • Memiliki NIK (nomor induk kependudukan) dengan melampirkan fotocopi KTP dan Kartu Keluarga.
  • Fotocopi KTM (kartu tanda mahasiswa).
  • Mahasiswa terdata pada PDPT DIKTI.
  • Bantuan UKT/SPP mahasiswa ini hanya diberikan untuk pembayaran UKT/SPP 1 (satu) semester yakni semester gasal 2020/2021.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom, SKM, MKes mengimbau bagi mahasiswa semester 3, 5, dan 7 yang memenuhi persyaratan sesuai informasi di atas, agar segera melengkapi persyaratan dan melakukan pendaftaran.

“Bantuan ini merupakan bantuan langsung dari pemerintah bagi orang tua yang mengalami kendala finansial dampak dari Covid-19, sangat disayangkan jika mahasiswa yang memenuhi persyaratan tidak memanfaatkan kesempatan ini dan diharapkan segera mendaftar agar mendapatkan bantuan ini. Semoga kesempatan baik ini dapat dimanfaatkan bagi semua mahasiswa Unimed yang memenuhi persyaratan, sehingga betul-betul dapat meringankan beban orang tua mahasiswa, terutama bagi orang tuannya yang dampak Covid-19,” ujar Rektor.

Saya juga mengimbau, bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan dan masih belum memahami persyaratan yang diminta dapat datang langsung ke kantor Humas Unimed atau dapat menghubingi call center Unimed agar dokumen yang diminta sesuai dan tidak salah, tutup Rektor. (m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2