Mahasiswa Teknik Sipil USU Kunjungan Lapangan Pembangunan Terminal Peti Kemas  Belawan - Waspada

Mahasiswa Teknik Sipil USU Kunjungan Lapangan Pembangunan Terminal Peti Kemas  Belawan

  • Bagikan

 

MEDAN (Waspada) : Mahasiswa Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara (USU), melakukan kunjungan lapangan ke PT. Pelindo I Belawan, pada proyek pembangunan Terminal Peti Kemas Belawan Fase II.

Pembangunan tersebut diharapkan mampu mendorong dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi dan perdagangan nasional, khususnya daerah Sumatera Utara dan sekitarnya, serta dapat mendorong laju pertumbuhan lalu lintas peti kemas di Pelabuhan Belawan.

Mutiara Annisa Azmi bersama rekan rekan mahasiswa Teknik Sipil Anatha thariq panggabean,
M Fadillah Kara Utama Siregar,
Muhammad Adam Hasnan,
Kevin Jonathan Sihotang dalam kunjungan lapangan tersebut menyatakan, manfaat pembangunan Fase I dan II Terminal Peti Kemas Pelabuhan Belawan akan mendapat tambahan dermaga sepanjang total 700 meter dengan total kapasitas sebesar 800.000-900.000 teus/tahun, dan kedalaman kolam 14 m LWS yang mampu melayani kapal post panamax atau kapal dengan bobot 50.000 DWT. Dengan demikian, total kapasitas Terminal Peti Kemas Belawan Fase I dan II ditambah terminal peti kemas eksisting saat ini, nantinya akan mencapai dua juta teus/tahun.

Sehubungan dengan mata kuliah Pelabuhan yang langsung diberikan oleh Komisaris Independen PT Pelindo I, Ahmad Perwira Mulia Tarigan yang telah meniti karirnya sebagai Staf Pengajar di Departemen Teknik Sipil USU sejak tahun 1992, mengajak mahasiswanya untuk meninjau langsung ke lapangan mengenai sistematika perencanaan dan pembangunan dermaga khususnya peti kemas mulai dari proses reklamasi, pemasangan sheet pile, pemadatan tanah dengan tiang pancang hingga fasilitas yang terdapat di area pelabuhan petikemas, yang demikian sangatlah bermanfaat untuk menambah wawasan mahasiswa khususnya mahasiswa teknik sipil

Dalam tinjau tersebut, Ahmad Perwira menjelaskan rancangan dan teknis pembangunan Terminal Peti Kemas di antaranya, pembangunan dermaga 350 meter, desain dermaga -14 mLWS
Dari pembangunan ini, diharapkan kapasitas kapal yang dapat dilayani 4000 -5000 Teus, untuk Container Yard (CY) 350 x 405 meter. Dimana kapasitas terminal mencapai 400-450 ribu Teus. Pembangunan tersebut ditargetkan selesai pada Desember 2017.

Diketauhi, pekerjaan Proyek Jasa Pemborongan Pekerjaan Reklamasi, Container Yard, dan Utilitas Pengembangan Terminal Petikemas Belawan Fase II ini berlokasi di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumut.

Pekerjaan milik PT. Prima Terminal Petikemas diserahkan pada Konsultan Perencana PT. Atrya Swascipta Rekayasa, Konsultan Pengawas PT. Virama Karya (Persero), dan Kontraktor Pelaksana  WIKA-HUTAMA JO dengan nilai kontrak Rp    1,405,423,365,200.00 (+ PPN) terisgitrasi di nomor dan tanggal kontrak: UM.54/3/20/PTP-14 (27 Nov 2014), Nomor dan SPMK  : UM.54/3/24/PTP-14 (30 Des 2014), dengan masa pelaksanaan proyek 1710 hari kalender (57 bulan), dimulai  pada 30 Desember 2014 dan selesai 30 September 2019, dengan masa pemeliharaan 365 hari kalender (12 bulan).

“Kunjungan lapangan ini sangat menambah ilmu dan wawasan yang dalam mata kuliah telah kami pelajari dan bisa dipraktekkan dengan tinjauan lapangan langsung ini. Kami dapat langsung terjun mengetahui pekerjaan pembangunan peti kemas terbesar di Sumatera ini,” kata Mutiara Annisa Azmi usai bersama rekan rekan kuliahnya melakukan peninjau lapangan.(m28)

  • Bagikan