Lion Air Buka Kembali Penerbangan Umrah Langsung Madinah
Wagubsu: Permudah Jamaah

  • Bagikan

DELISERDANG (Waspada):
Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) H Musa Rajekshah menyatakan pembukaan kembali penerbangan umrah langsung dari Bandara Kualanamu-Madinah (Arab Saudi) sangat mempermudah jamaah.
“Kita bersyukur pada hari ini, sudah dibuka kembali untuk penerbangan ibadah umrah dari maskapai Lion Air,”katanya, saat peresmian penerbangan langsung perdana umrah dari Kualanamu-Madinah di ruang tunggu keberangkatan international Kualanamu,Selasa (24/5).
Kata Ijeck demikian pak Wagub biasa disapa, dari pembukaan penerbangan ini yang sempat ditutup akibat pandemi Covid-19 dapat mempersingkat waktu perjalanan jamaah yang dari Sumatera Utara,bahkan juga Aceh,Sumatera Barat bisa bergabung di sini.
Kemudian, biaya keberangkatan juga bisa lebih murah dibandingkan melalui Jakarta,serta waktu tempuh juga selisih dua jam jika berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta.
“Hanya sekitar delapan jam perjalanan jamaah kalau langsung dari Kualanamu-Madinah,”sebutnya.
Pada kesempatan itu,Ijeck turut mendoakan jamaah umrah yang pertama ini menjadi mabrur,sehat berangkat begitu juga kembalinya. “Kita harapkan ke depan Kualanamu bisa melayani penerbangan lebih banyak lagi untuk jamaah haji dan umrah begitu juga perjalanan ke luar negeri,”paparnya.
Perwakilan board of director Lion Air Novianti Harahap berterimakasih pada seluruh pihak yang mendukung pembukaan penerbangan perdana Lion Air rute Kualanamu-Madinah khususnya pemerintah Sumatera Utara,PT Angkasa Pura II Kualanamu, Otoritas bandara (Otband), TNI/Polri,Imigrasi dan Bea Cukai.
Dikatakan Novianti, sebelumnya pihak Lion Air ini bekerjasama dengan berbagai mitra perjalanan telah memberikan pelayanan penerbangan umrah dengan rute Jakarta (melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta-Tangerang) menuju Madinah dan kembali ke Jakarta, dengan frekuensi 2 kali penerbangan setiap hari menggunakan pesawat Airbus 330 NEO.
“Untuk hari ini penerbangan Lion Air bekerjasama dengan Ameera Mekkah membuka kembali layanan penerbangan umrah reguler untuk pertama kalinya dari rute Kualanamu-Madinah-Jeddah,”sebutnya.
Direktur Utama Ameera Mekkah Salman Ponimin Ali Ahmad mengemukakan penerbangan ini kloter ke 18 jamaah umrah,yang sebelumnya langsung dari Jakarta dan besok satu penerbangan lagi dari Kualanamu penutup akhir tahun 2022.
“Jadi, total jamaah umrah kita selama Januari-Mei 2022 sudah 20 kloter. Untuk jamaah hari ini sebanyak 432 jamaah,besok 433 jamaah,” sebutnya. Salman mengharapkan ke depan penerbangan umrah ini bisa langsung kontiniu jangan ditutup lagi,karena ini sangat membantu, baik dari pembiayaan, dan waktu menuju ke Arab Saudi lebih dekat dari Medan ketimbang dari Jakarta.


“Dari Kualanamu bisa mempersingkat waktu dan pembiayaan bisa menghemat sekitar Rp 2 jutaan kalau langsung dari Medan-Madinah,”tambahnya.
Salman berpesan pada jamaah tetap menjaga kesehatan, apalagi di Arab Saudi yang begitu padat,jaga stamina tubuh jangan lupa menggunakan masker, sehingga umrah tidak ditutup kembali dengan adanya wabah-wabah yang baru.
Kepala Kantor Otoritas Bandara (Otband) Wilayah II Medan Agustono bersyukur dengan dibukanya kembali penerbangan umrah dari Kualanamu langsung ke Madinah. “Kami beserta stakeholder terkait turut mendukung,” katanya.


Turut hadir di antaranya, Wakil Ketua DPRD Sumut H Harun Mustafa, Wakil Bupati Batubara H Oky Iqbal Frima, Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah II Medan Agustono, Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu Elfi Haris dan Kabid Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kualanamu Tedi Hartadi Wibowo.
Kemudian, Manager Area Sumatera Lion Air Group Juli Aspita, Senior Manager of Airport Maintenance Yusron Fauzi, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara Muslim Lubis,serta Kapolsek Kawasan Bandara Kualanamu Iptu Jonni H Damanik,SH,MH.(a13/C)

Wagubsu H Musa Rajekshah didampingi Direktur Utama Ameera Mekkah Salman Ponimin Ali Ahmad saat menyapa jamaah umrah, usai peresmian penerbangan langsung perdana umrah Kualanamu-Madinah, Lion Air di KNIA.Waspada/Irianto

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.