Waspada
Waspada » Lelah Gemuk? 10 Rempah Herbal Ini Berkhasiat Melangsingkan Lho, Yuk Coba
Headlines Kesehatan

Lelah Gemuk? 10 Rempah Herbal Ini Berkhasiat Melangsingkan Lho, Yuk Coba

Waspada – Bumbu dapur tak hanya memperlezat makanan tetapi juga berkhasiat membantu turunkan berat badan.

Sejumlah rempah-rempah dan tanaman herbal telah terbukti ampuh dalam melawan keinginan tubuh untuk makan, menekan rasa lapar, dan meningkatkan pembakaran lemak, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada program diet.

Berikut adalah 10 rempah-rempah dan tanaman herbal yang dapat membantu proses penurunan berat badan, seperti dihimpun Waspada.id dari berbagai sumber, Senin (28/12/2020).

1. Cabai rawit

Cabai rawit popular digunakan untuk memberikan rasa pedas ke banyak hidangan. Kandungan capsaicin yang ada di dalamnya ditemukan dapat membantu penurunan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan, capsaicin dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sepanjang hari.

Capsaicin juga dapat mengurangi rasa lapar. Mengutip Healthline, studi kecil menemukan, konsumsi kapsul capsaicin dapat meningkatkan rasa lapar dan menurunkan asupan kalori total.

2. Jahe

Sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, jahe juga ditemukan dapat membantu menurunkan berat badan.

Beberapa ulasan dari sejumlah studi menemukan, jahe dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, sekaligus mengurangi penyerapan lemak serta nafsu makan.

3. Oregan

Oregano mengandung carvacrol, senyawa kuat yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi pada tikus menemukan, asupan cavacrol membuat lemak tubuh pada kelompok tikus yang mengonsumsinya jadi jauh lebih sedikit daripada tikus kelompok lainnya.

Suplemen carvacrol juga ditemukan berdampak langsung pada beberapa gen dan protein spesifik yang mengontrol sintesis lemak dalam tubuh.

4. Ginseng

Ginseng menjadi salah satu bahan obat tradisional utama di China. Banyak penelitian menemukan, tanaman satu ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian kecil menemukan, konsumsi ginseng Korea dua kali sehari selama delapan pekan berhasil menurunkan berat badan dan mengubah komposisi mikrobiota di usus.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa ginseng mampu memerangi obesitas dengan mengubah pembentukan lemak dan menunda penyerapan lemak usus.

5. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit kerap dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kurkumin, senyawa aktif yang ada di dalam kunyit, memberikan efek untuk segala hal, mulai dari melawan peradangan hingga menurunkan berat badan.

Sebuah studi pada orang dengan kelebihan berat badan memperlihatkan, konsumsi kurkumin dua kali sehari selama satu bulan efektif dalam membuang banyak lemak, mengurangi lemak perut, dan menurunkan berat badan hingga 5 persen.

6. Kayu manis

Tak hanya aromanya yang nikmat, manfaat kayu manis juga bisa didapat oleh Anda yang sedang menjalani program diet.

Kayu manis kaya akan antioksidan dan menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan. Beberapa penelitian menemukan bahwa kayu manis dapat membantu penurunan berat badan.

Kayu manis ditemukan dapat mengurangi nafsu makan dan menekan rasa lapar. Studi menunjukkan, senyawa tertentu dalam kayu manis dapat meniru efek insulin, membantu mengangkut gula dari aliran darah ke sel tubuh untuk digunakan sebagai bahan bakar.

Kayu manis juga dapat menurunkan kadar enzim pencernaan tertentu untuk memperlambat pemecahan karbohidrat.

7. Lada hitam

Lada hitam mengandung senyawa kuat yang disebut piperine. Senyawa ini diketahui memiliki efek penurunan berat badan.

Sebuah studi pada tikus menemukan, piperine dapat membantu mengurangi berat badan, bahkan tanpa perubahan dalam asupan makanan sekalipun.

Sebuah penelitian tabung reaksi juga menunjukkan bahwa piperine secara efektif menghambat pembentukan sel lemak dalam tubuh.

8. Bawang putih

Bawang putih memang dikenal kaya manfaat untuk kesehatan, termasuk menjaga kesehatan kardiovaskular dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, studi terbaru menunjukkan, bawang putih dapat melelehkan lemak di lingkar pinggang.

Tak cuma itu, mengutip Style Craze, bawang putih juga mengandung senyawa allicin yang diketahui dapat menekan rasa lapar dan meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Anda bisa mengonsumsi satu siung bawang putih setiap hari untuk hasil terbaik. Anda juga bisa memasukkan bawang putih dalam resep harian Anda untuk menambah rasa pada makanan.

9. Teh kembang sepatu (Hibiscus)

Ekstrak bunga kembang sepatu diketahui dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuang kelebihan air dalam tubuh. Hibiscus memiliki sifat diuretik dan membantu mencegah kembung.

Hisbiscus juga mengandung enzim phaseolamin yang dapat menghambat produksi enzim amilase. Dengan membatasi produksi amilase, phaseolamin mengurangi penyerapan karbohidrat untuk tubuh.

Selain itu, teh kembang sepatu juga rendah kalori dan dapat meningkatkan rasa kenyang.

10. Rosemary

Mengutip Times of India, rosemary membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Tanaman ini juga membantu mengatasi masalah pencernaan dan proses penurunan berat badan.

Rendam daun rosemary dalam air mendidih selama beberapa menit. Minum air yang telah disaring. Namun, jangan meminumnya saat perut sedang kosong.

Selain mengonsumsi beberapa rempah dan herbal di atas, Anda juga disarankan untuk menetapkan pola makan yang tepat dan rutin berolahraga demi penurunan berat badan yang sukses. (bs/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2