Waspada
Waspada » LADUI MUI Sumut Fokus Bela Umat
Headlines Medan

LADUI MUI Sumut Fokus Bela Umat

KETUA Umum MUI Sumut, Prof. Dr. Abdullah Syah MA bersama Sekretaris Umum, Dr. H. Ardiansyah, MA berfoto dengan Pengurus Ladui MUI yang dilantik dan dikukuhkan. Waspada/Anum Saskia
KETUA Umum MUI Sumut, Prof. Dr. Abdullah Syah MA bersama Sekretaris Umum, Dr. H. Ardiansyah, MA berfoto dengan Pengurus Ladui MUI yang dilantik dan dikukuhkan. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Lembaga Advokasi Umat Islam Majelis Ulama Indonesia (LADUI MUI) Sumatera Utara, kedepannya akan fokus membela umat.

Hal ini disampaikan Direktur Ladui MUI Sumut, Dr. Abdul Hakim Siagian usai pelantikan dan pengukuhan pengurus di MUI Sumut, Sabtu (20/6).

Kata dia, pertama berterima kasih atas kepercayaan MUI Sumut, insha Allah komitmen kita untuk pengabdian terbaik, untuk itu mohon doa, dukungan saran dan nasihatnya.

“Terima kasih pada media selama ini yang sudah bersinergi, khususnya Harian Waspada, yang kita cintai. Dengan itu kita sangat terbantu dengan penyebarluasan berbagai kegiatan Ladui Sumut dan informasi dari masarakat,” ujarnya.

Kedepan, sambung dia, Ladui akan fokus dalam dua hal pembelaan umat.

Pertama, aspek litigasi, yaitu mendampingi, mengadvokasi persoalan hukum yang dihadapi umat, Islam diberbagai hal.

Sebab Ladui adalah, perpanjangan tangan MUI dalam bidang hukum ini.

Kedua, melakukan berbagai aktifitas non litigasi, mulai dari penyuluhan hukum, diskusi, memberi solusi dari berbagai problema ummat baik dibidang agama, ekonomi, sosial, politik, hukum dan lainnya termasuk membangun komunikasi ke lintas lembaga dan berbagai kalangan.

“Bidang ini sudah mengagendakan minimal 1 kali sebulan membahas hal aktual di masyarakat dengan tawaran solusi. Sehingga usai pelantikan kita melangsungkan webinar menelisik naskah akademis dan RUU Haluan Idiologi Pancasila (HIP), yang sekarang ditolak rakyat karena diyakini itu penghianatan terhadap pancasila, serta mendesak agar itu dihentikan/ditarik bukan ditunda dan diusut semua pihak yang terkait atas terbitnya RUU HIP itu dan naskah akademisnya baik secara etika dan hukum,” katanya sembari menyebutkan nara sumber utama Ketua umum MUI Sumut Prof. Dr. Abdullahsyah MA, melihat dari sudut kajian Islam.

Kemudian DR Faisal Akbar Akedemisi USU dari kajian hukum serta Shohibul Anshor Siregar MA dari tinjauan historis, politik dan sosial.

Sedangkan Dr. Abdul Hakim Siagian moderator.

Adapun pengurus Ladui Wilayah MUI Sumut, Direktur Dr. H. Abdul Hakim Siagian, SH. M. Hum. Wakil H. Marasamin Ritonga, SH. MH. Wakil Dr. H. Adi Mansar, SH. M. Hum, Wakil Dr. Ahmad Fauzi, SH. MKn, Wakil Raja Makayasa Harahap, SH.

Sekretaris Dr. H. Akmaluddin Syahputra, M. Hum. Non Litigasi Koordinator Prof. Dr. Hasim Purba, SH. M. Hum. Litigasi Koordinator Faisal, SH, M. Hum. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2