Waspada
Waspada » Kurir Ganja Dituntut 17 Tahun Penjara
Headlines

Kurir Ganja Dituntut 17 Tahun Penjara

KEDUA terdakwa kurir ganja dituntut 17 tahun mendengarkan saat sidang di PN Medan. Waspada/Rama Andriawan
KEDUA terdakwa kurir ganja dituntut 17 tahun mendengarkan saat sidang di PN Medan. Waspada/Rama Andriawan

MEDAN (Waspada): Sharul dan Khairul terdakwa kurir ganja 39kg dituntut jaksa dengan hukuman masing-masing 17 tahun penjara, dalam persidangan di Ruang Cakra V Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (30/1) sore.

“Meminta majelis hakim agar para terdakwa kurir ganja dituntut dengan hukuman pidana 17 tahun penjara denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan,” kata jaksa Tety Tampubolon.

Jaksa menyebut, ganja itu hendak dibawa para terdakwa dari Aceh menuju Medan menggunakan jalur darat. “Perbuatan terdakwa melanggar Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang  Narkotika,” ujar jaksa.

Atas tuntutan itu, terdakwa Sharul memohon keringanan hukuman ke hakim Sapri Batubara, dengan mata tampak berkaca-kaca. “Tolonglah saya majelis, anak saya 6, saya juga mengasuh 4 anak yatim di rumah,”pinta Sharul sambil menangis.

“Janganlah nangis, nanti saya juga ikut nangis. Saya gak sanggup melihat laki-laki nangis. Lihat temanmu itu, badannya kecil. Taoi kok ga nangis dia. Kau badanmu aja yang besar,” ucap Hakim Sapril melirik terdakwa Khairul.

Dalam dakwaan disebutkan, awalnya Sharul ditelpon oleh Aleh (DPO), kemudian Aleh meminta mengantarkan ganja ke Medan dengan ongkos Rp250 ribu.

Ganja itu lalu dijemput di Desa Bangkik Kab. Blang Kjeren. Kemudian Sharul membawanya ke rumahnya. Selanjutnya, pada 30 Juni 2019 sekira pukul 05.00 Sharul mengajak Khairul untuk mengantarkan ganja tersebut ke Medan.

Sharul dan Khairul berangkat dari Blang Kjeren dengan membawa narkotika jenis ganja tersebut ke Medan menggunakan mobil pickup.

Setelah sampai, ganja tersebut diturunkan dari mobil dan membawanya ke dalam Hotel Anggrek di Jl. Setia Budi Ujung, Medan. Tidak lama kemudian mereka ditangkap petugas polisi. (cra)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2