Waspada
Waspada » KPK Pastikan Capaian Dilakukan Pemkab Deliserdang, Bupati Berharap Bimbingan Dan Arahan
Headlines Sumut

KPK Pastikan Capaian Dilakukan Pemkab Deliserdang, Bupati Berharap Bimbingan Dan Arahan

WAKIL Ketua KPK Lili Pintauli Siregar, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi, Sekdakab Deliserdang Darwin Zein, Kasi Intel Kejari Deliserdang Ricardo Marpaung dan lainnya saat berfoto bersama. Waspada/Edward Limbong
WAKIL Ketua KPK Lili Pintauli Siregar, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi, Sekdakab Deliserdang Darwin Zein, Kasi Intel Kejari Deliserdang Ricardo Marpaung dan lainnya saat berfoto bersama. Waspada/Edward Limbong

DELISERDANG (Waspada): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI bersama Pemkab Deliserdang melakukan koordinasi untuk memastikan capaian yang telah dilakukan Pemkab Deliserdang.

Rapat koordinasi tersebut berlangsung, di Aula Cendana Kantor Bupati Deliserdang, Selasa (27/10).

Dengan turut dihadiri Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar, Kasatgas Pencegahan Wilayah I KPK Maruli Tua Manurung, Penanggung Jawab Pencegahan Wilayah Sumut Azril Zah, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi, Sekdakab Deliserdang Darwin Zein, Kasi Intel Kejari Deliserdang Ricardo Marpaung dan lainnya.

Salah satu menjadi pembahasan dalam koordinasi tersebut mengenai Monitoring Centre for Prevention (MCP).

MCP itu sendiri merupakan aplikasi berisi kriteria yang digunakan untuk menyusun laporan monitoring dari KPK, dan masing-masing pemerintah daerah mengisi laporan dengan mengentri data/laporan ke dalam aplikasi tersebut.

Selain laporan yang disampaikan, juga dapat dilampirkan bukti fisik yang difoto dan dikirimkan bersama dengan laporan yang dientri.

“KPK datang di Deliserdang, teman Korwil sudah biasa, jadi melakukan koordinasi melakukan monitoring, melakukan pendampingan memastikan juga capaian sudah sampai mana update (MCP) dan progres terhadap rekomendasi yang dilakukan KPK,” kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar usai kegiatan kepada wartawan.

Dijelaskan Lili, tujuan mereka datang pun agar memastikan capaian capaian tentang pengelolaan aset, sertifikasi aset daerah, optimalisasi pendapat daerah, tentang penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) yang berjalan dan kemudian apa yang sudah diperbaiki dan ditingkatkan.

Bupati Berharap Bimbingan Dan Arahan

Sementara itu sebelumnya Bupati Deliserdang Ashari Tambunan menyebutkan, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, harus merujuk kepada berbagai variabel pendukung, diantaranya, perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa.

Kumudian, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, kapabilitas aparat pengawasan internal pemerintah, manajemen ASN, tata kelola dana desa, optimalisasi pendapatan daerah, manajemen aset daerah dan berbagai variabel lainnya.

“Karena itu, saat ini, kami berkonsentrasi, bagaimana berbagai variabel tersebut, saling berketerhubungan, transparan, mudah diakses oleh masyarakat dan akuntabel. Namun, kesemua yang kami lakukan ini, belumlah sepenuhnya sebagaimana yang diinginkan,” kata Ashari.

Untuk itu, lanjut Ashari Pemkab Deliserdang sangat bersyukur atas kehadiran Wakil Ketua KPK yang hadir di Kabupaten Deliserdang.

“Dan kami sangat berharap, ibu dapat memberikan bimbingan dan arahan, agar kami semakin paham, atas berbagai kekurangan dan kelemahan yang kami miliki, untuk selanjutnya, dapat kami benahi dan perbaiki,” ungkap Ashari. (a16/a01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2