KONI Pusat Puji Gubsu, DPRDSU

  • Bagikan
KETUM KONI Pusat Letjend TNI (Purn) Marciano Norman (5 kiri), Gubsu Letjend TNI (Purn) Edy Rahmayadi (5 kanan) dan Ketua DPRDSU Baskami Ginting (4 kanan), foto bersama pengurus KONI Sumut diketuai John Ismadi Lubis (2 kanan) seusai pelantikan di Santika Diandra Hotel Medan, Senin (5/4). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Ketua Umum KONI Pusat Letjend TNI (Purn) Marciano Norman, memuji Gubsu Letjend TNI (Purn) Edy Rahmayadi dan DPRD Sumut yang diketuai Baskami Ginting atas dukungan luar biasanya terhadap KONI Sumatera Utara.

Pujian demikian disampaikan Marciano dalam kata sambutannya seusai melantik pengurus KONI Sumut masa bakti 2021-2025 diketuai John Ismadi Lubis di Santika Diandra Hotel Medan, Senin (5/4).

“Harapan saya, Sumut yang pada PON sebelumnya di peringkat sembilan, bisa meningkat lagi di PON XX Papua. Tidak ada alasan tidak bisa, sebab dukungan Gubsu dan DPRD kepada John Lubis dan kawan-kawan luar biasa,” klaim mantan Kepala BIN tersebut.

“Sementara ada beberapa KONI di daerah lain, anggarannya seperti tidak memungkinkan untuk mengikuti PON di Papua. Saya yakin kepercayaan dan dukungan yang diberikan akan mampu membuat KONI Sumut menghasilkan prestasi terbaik,” ucap Marciano.

Selain Gubsu dan Ketua DPRD Sumut, turut hadir dalam acara pelantikan itu di antaranya Wagubsu Musa Rajekshah, jajaran Forkopimdasu, Rektor USU Dr Muryanto Amin, Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom dan undangan lainnya.

Juga mantan Ketua Umum KONI Sumut Gus Irawan Pasaribu, Ketua KONI Aceh Muzakir Manaf alias Mualem, Ketua KONI DKI Jakarta Laksma TNI (Purn) Djamhuron P Wibowo, Ketua KONI Se – Sumatera, Ketua Pengprov Cabor dan Ketua KONI Kabupaten/Kota Se – Sumut.

Marciano menilai Sumut dikenal sebagai salah satu provinsi yang selalu melahirkan atlet terbaik bagi Indonesia. Maka dengan peningkatan prestasi pada PON XX Papua, dia yakin itu dapat memotivasi atlet Sumut untuk lebih meningkat lagi saat menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Aceh.

“Ada Pak Gubsu yang selalu mendorong John Lubis dan kawan-kawan. Saya yakin di PON 2024 nanti, Sumut minimal masuk lima besar atau bahkan tiga besar,” papar mantan Pangdam Jaya dan Komandan Paspampres tersebut.

Menjawab pujian dan tantangan Ketum KONI Pusat itu, Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan sebagai tuan rumah Sumut minimal mesti masuk peringkat lima besar dari 34 provinsi yang bertarung di PON 2024.

“Tadi kita ditantang bisa masuk lingkaran 5 besar, kemudian tiga besar atau juara umum. Kita berusaha dulu Pak John masuk lima besar dari 34 provinsi di PON, doakan saja dan kita gandengan bersama,” ucap mantan Ketum PSSI Pusat itu.

Untuk mewujudkan hal itu, menurutnya, proses pembinaan atlet harus disiapkan sedini mungkin. Perekrutan atlet muda dengan usia 18-20 tahun segera dilakukan dengan harapan mereka akan matang pada 2024.

“Mereka nantinya akan menjadi andalan Sumut di PON 2024, digabungkan dengan atlet yang berlaga di PON 2021. Waktu tersisa tiga tahun bukan waktu yang lama bagi seluruh cabor untuk mempersiapkan atlet terbaiknya,” tutur Edy.

“PON 2021 di Papua sudah dipersiapkan sejak 2018, kini kita siapkan atlet usia 18-20 tahun untuk PON 2024. Siapkan dua atlet unggulan dari setiap kabupaten/kota untuk 48 cabor, waktu tiga tahun itu tidak lama lagi,” tegas mantan Pangkostrad dan Pangdam I Bukit Barisan tersebut.

Menurut John Lubis, kepengurusan KONI Sumut masa bakti 2021-2025 akan menghadapi tugas sangat berat. Sebab akan dihadapkan pada dua agenda Pekan Olahraga Nasional (PON), yakni PON 2021 Papua dan PON 2024 di Aceh-Sumut.

“Tapi intinya Sumut siap mengikuti PON 2021 dan menjadi tuan rumah pada 2024. Kita bahkan membidik tri sukses pada PON 2024, yakni sukses penyelenggaraan, prestasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

“Terkait sukses prestasi, KONI Sumut mulai 1 Juli 2021 akan menjalankan pelatda jangka panjang bagi 400 atlet muda seperti yang diharapkan Gubsu. Untuk sukses penyelenggaraan, saat ini Pemprovsu terus membangun Sumut Sport Centre di atas lahan seluas 300 hektar,” jelas John Lubis.

Khusus sukses pemberdayaan ekonomi, katanya, saat ini pemerintah terus merangkul pelaku UMKM dari seluruh daerah untuk peningkatan kualitas, termasuk mengembangkan potensi wisata lokal berbasis sport tourism.

John Lubis yang terpilih kembali secara aklamasi pada Musprov KONI Sumut, Januari lalu, lantas mengajak semua Pengprov Cabor untuk bersama-sama menyukseskan PON 2024 melalui kerja keras, cerdas dan bermartabat. (m08)

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *