Waspada
Waspada » KNIA Cuma Layani Penerbangan Perjalanan Khusus
Headlines Sumut

KNIA Cuma Layani Penerbangan Perjalanan Khusus

 

DELISERDANG (Waspada): Senior Manager of Operation &Service Bandar Udara International Kualanamu Agoes Soepriyanto menyatakan mendukung penuh peniadaan mudik dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 yang efektif diberlakukan 6-17 Mei 2021.
Agoes Soepriyanto akrab disapa Acoen menyatakan hal itu kepada Waspada, Selasa (4/5).

Disebutkan Acoen, terkait peniadaan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H, PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara International Kualanamu cuma bisa melayani penerbangan dengan perjalanan khusus, untuk periode 6-17 Mei 2021.

Perjalanan khusus itu seperti perjalanan kedinasan, mengunjungi keluarga yang sakit atau berduka, ibu hamil untuk kepentingan persalinan serta perjalanan yang tidak untuk kepentingan mudik yang dilengkapi dengan surat dari Kelurahan.

Guna memastikan kebijakan itu masing-masing stakeholder menjalankan fungsi dan perannya dengan mengaktifkan posko monitoring.
Stakeholder yang bertugas di posko itu di antaranya unsur Satgas Penanganan Covid-19, Otoritas Bandara, maskapai, TNI/Polri, dan Pemda setempat, untuk mencatat data lalu lintas penumpang, pesawat dan kargo.

Stakeholder lainnya adalah Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) bertugas melakukan validasi dokumen kesehatan tes Covid-19 bagi calon penumpang yang boleh melakukan perjalanan. Verifikasi dokumen kesehatan itu juga akan dilakukan oleh maskapai.

PT Angkasa Pura II juga bersiaga apabila ada penerbangan tidak berjadwal, misalnya penerbangan dalam rangka kemanusiaan, militer, evakuasi medis, repatriasi, penerbangan VVIP/VIP, penerbangan kenegaraan, serta penerbangan status emergency.
Acoen menegaskan peniadaan mudik itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19, melindungi diri sendiri dan keluarga, sedang silaturahmi bisa tetap dijalin dengan memanfaatkan teknologi.
“Bersama-sama kita bisa tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, dan tidak mudik untuk Indonesia yang lebih baik” pungkasnya. (a13/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2