Waspada
Waspada » KM Kelud Kembali Beroperasi 10 Juli
Headlines Medan

KM Kelud Kembali Beroperasi 10 Juli

KM Kelud. Waspada/Surya Efendi
KM Kelud. Waspada/Surya Efendi

BELAWAN (Waspada): KM Kelud yang sempat menghentikan operasional akibat Pandemi Covid-19 dan kemerosotan penumpang, akhirnya kembali beroperasi pada Jumat 10 Juli 2020 mendatang.

“KM Kelud akan beroperasi kembali sesuai jadwal tanggal 10 Juli berangkat dari Tanjungpriok dengan rute Batam dan Belawan. Kemudian, akan kembali berlayar dari Belawan pada tanggal 13 Juli dengan rute yang sama,” jelas Kepala Cabang PT Pelni Medan, Luthfi Israr, Minggu (28/6).

Dampak Covid-19

Menurut Luthfi, berhentinya operasional KM Kelud, disebabkan dampak dari Covid-19.

Selain itu, kemerosotan jumlah penumpang yang sempat dioperasikan pada awal Juni lalu.

“Kemarin, di masa awal New Normal. Kapal sempat berlayar, tapi penumpang tidak ada, makanya dihentikan sementara. Jadi, untuk jadwal yang sudah ditentukan, semoga kapal bisa berlayar terus menerus, tapi kita tetap menunggu keputusan dari manajemen pusat,” terangnya.

Mengenai penjualan tiket, kata Luthfi, PT Pelni masih memberlakukan penjualan secara offline atau pembelian langsung ke loket.

Pelayanan itu dilakukan untuk menjalankan arahan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Bagi calon penumpang yang membeli tiket harus membawa syarat dalam pemesanan tiket disampaikan ke petugas di loket, makanya pelayanan kita buka secara offline,” ungkapnya.

Mengenai syarat yang harus dipenuhi calon penumpang adalah, lanjut Luthfi, surat keterangan bebas Covid-19, surat izin keluar masuk, berbadan sehat dan memakai masker sesuai arahan protokoler kesehatan.

Apabila syarat tersebut tidak dipenuhi, maka tiket tidak bisa dilayani kepada calon penumpang.

“Kita tetap menjalankan prosedur protokol kesehatan, makanya kita layani tiket secara offline, agar syarat yang diminta dapat disampaikan langsung ke petugas. Kalau secara online, otomatis kita tidak bisa mengecek syarat yang kita minta,” pungkas Luthfi.

Terpisah, Manajer Umum Pelindo 1 Cabang Belawan, Khairul Ulya mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan operasi terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan sesuai dengan arahan protokol kesehatan dengan dilakukan cek point untuk pemeriksaan penumpang yang datang maupun calon penumpang yang akan berangkat.

“Secara operasional terminal sudah kita siapkan. Fasilitas cek point yang dijalankan nantinya adalah rapid test, pemeriksaan suhu penumpang, penggunaan masker, penyemprotan disinfektan serta physical distancing sesuai dengan standar kesehatan,” jelasnya. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2