Waspada
Waspada » Klopp Manajer Terbaik Karena Masukan Tim
Headlines Olahraga

Klopp Manajer Terbaik Karena Masukan Tim

LONDON (Waspada): Jurgen Klopp dinobatkan sebagai manajer terbaik oleh League Managers Association, Senin (Selasa WIB), setelah mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Premier 2019/2020.

Si Merah mengakhiri puasa gelarnya yang sudah berlangsung 30 tahun,

ketika liga masih menyisakan tujuh pertandingan. Mohamed Salah cs finis dengan kemasan 99 poin, selisih 18 angka di atas peringkat kedua Manchester City.

Pelatih asal Jerman itu mengalahkan manajer Leeds United Marcelo Bielsa, manajer Wycombe Wanderers Gareth Ainsworth dan pemenang tahun lalu Chris Wilder dari Sheffield United. Klopp (foto) yang meraih Alex Ferguson Trophy, mengaku suksesnya karena masukan dari tim pelatih yang solid dan cemerlang.

“Saya senang sekali dinobatkan sebagai pemenang Sir Alex Ferguson Trophy yang luar biasa ini dan dinamai dari nama orang yang sangat saya hormati (mantan manajer Manchester United),” ucap Klopp.

“Segala hal yang kami capai di Liverpool tahun ini, tak akan tercipta tanpa masukan hebat dari tim pelatih saya. Mereka membuat kami menjadi sekelompok otak sepakbola yang istimewa,” ujarnya lagi, seperti dilansir Reuters, Selasa (28/7).

Marceloa Bielsa dianugerahi penghargaan Championship, setelah mengantarkan Leeds menjuarai divisi kedua ini dan promosi ke Liga Premier setelah 16 tahun absen.

Pelatih tim putri Chelsea, Emma Hayes, dinobatkan sebagai manajer wanita terbaik setelah menjuarai liga dan Piala Liga Putri.

Selain trofi Liga Premier, Klopp sudah mempersembahkan mahkota Liga Champions, Piala Dunia Antar Klub dan Piala Super Eropa, selama 13 bulan bertugas membesut Jordan Henderson cs.

Tantangan yang dihadapi Klopp selanjutnya adalah mempertahankan prestasi dan membangun dinasti lain The Anfield Gank. Mantan pelatih Mainz dan Borussia Dortmund ini berniat untuk terus memimpin proyek ambisius itu sampai tahun 2024 mendatang.

“Saya senang bekerja sama dengan tim pelatih saya, para pemain dan semua orang di LFC. Pastinya saya berterima kasih atas dukungan semua penggemar Liverpool yang luar biasa hebat,” beber manajer berumur 53 tahun itu.

Dia mengakui bahwa segala sesuatu mungkin saja terjadi setelah waktunya dengan Liverpool berakhir. Dia pun membuka kesempatan untuk mengisi posisi berbeda di klub lain, melatih tim nasional atau bahkan menganggur selama setahun.”

Klopp gabung ke Anfield pada Oktober 2015, setelah sukses melatih Dortmund. Menurut Steven Gerrard, mantan gelandang andalan The Reds dan Timnas Inggris, Liverpool seharusnya sudah mulai membuat patung untuk Klopp.

Manajer Glasgow Rangers sejak tahun 2018 itu, mengklaim Klopp telah menetapkan standar bagi seluruh pelatih. Gerrard pun senang James Milner cs mencapai level yang baru bersama pelatih asal Jerman tersebut.

“Saya rasa Jurgen Klopp pelatih terbaik di dunia. Saya juga tahu ada banyak pelatih yang sukses,” jelas pria Inggris berusia 40 tahun itu.

“Pep Guardiola luar biasa. Carlo Ancelotti juga luar biasa dan saya pikir Everton beruntung memilikinya. Saya bisa menyebut banyak nama lagi, tapi saya sangat menghormati Jurgen,” puji Gerrard.

Sukses membawa Merah meraih gelar liga yang ke-19, membuat Klopp kini sejajar dengan pelatih legendaris Bill Shankly dan Bob Paisley, yang dibuatkan patung di luar Stadion Anfield.

“Saya kenal Jurgen, dia pasti tidak akan mau mendapatkan penghargaan semacam itu. Saya sangat mengenalnya, dia rendah hati dan penuh hormat,” tutur Gerrard.

“Tapi ketika Anda melihat hasil pekerjaannya, dia pasti layak disejajarkan dengan pelatih-pelatih ikonik itu. Buat saya, seseorang seperti Jurgen harus diberi penghargaan secepatnya,” saran sang mantan kapten Liverpool. (m08/rtr/espn)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2