Waspada
Waspada » Kerap Dilanda Banjir, Warga Unjuk Rasa Di Pabrik Musim Mas
Headlines Medan

Kerap Dilanda Banjir, Warga Unjuk Rasa Di Pabrik Musim Mas

PERSONEL Polres Pelabuhan Belawan menaikkan pengunjuk rasa ke atas truk dan selanjutnya dibawa ke Polres Pelabuhan Belawan, Senin (5/10). Waspada/Andi Aria Tirtayasa
PERSONEL Polres Pelabuhan Belawan menaikkan pengunjuk rasa ke atas truk dan selanjutnya dibawa ke Polres Pelabuhan Belawan, Senin (5/10). Waspada/Andi Aria Tirtayasa

MEDAN (Waspada): Puluhan warga yang bermukim di Jalan Platina III, Pasar V Matita, Lingkungan XIV, Kelurahan Titipapan, Kecamatan Medan Deli melakukan aksi unjuk rasa di depan pabrik PT Musim Mas, Senin (5/10).

Pasalnya, sejak berdirinya pabrik PT Musim Mas, rumah warga tergenang banjir saat hujan turun dan terkena polusi udara.

Meski aksi unjuk rasa berjalan tertib namun 4 warga diamankan oleh personil Polres Pelabuhan Belawan karena menghalangi truk yang hendak keluar masuk.

Salah seorang warga Husni, 34, menuturkan, Lingkungan XIV merupakan wilayah pemukiman dan bukan kawasan industri sehingga keberadaan pabrik dan gudang mengurangi resapan air.

Akibatnya, kawasan Lingkungan XIV menjadi langganan banjir.

“Hujan sekejap saja, rumah kami terendam banjir,” sebut Husni.

Selain banjir, tambah Husni, polusi udara dari corong pabrik juga membuat anak menderita sesak nafas dan menderita gatal.

“Sudah berkali kami melakukan aksi unjuk rasa namun tidak ada mendapat perhatian serius dari pemerintah. Pak lurah saja seperti tak perduli dengan keluhan warganya,” keluh Husni.

Pantauan Waspada, puluhan warga yang didominasi kaum ibu rumahtanga terlihat berdiri-diri di depan pabrik tanpa membawa spanduk.

Sejumlah petugas sekuriti terlihat berjaga di pintu masuk dua lokasi pabrik PT Musim Mas.

Saat truk keluar dari pabrik, sejumlah warga menghalangi truk sehingga membuat sejumlah personil Polres Pelabuhan Belawan mengamankan empat warga.

Keempat warga tersebut selanjutnya dibawa ke Polres Pelabuhan Belawan. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2