Waspada
Waspada » Kemenhub RI Lakukan Penelitian Pembanguan Dryport Di Bener Meriah
Aceh Headlines

Kemenhub RI Lakukan Penelitian Pembanguan Dryport Di Bener Meriah

Plt Bupati Bener Meriah bersama Tim Kemenhub RI sedang menjau gundang eksportir kopi, Kamis (10/6). Waspada/Eri Tanara
Plt Bupati Bener Meriah bersama Tim Kemenhub RI sedang menjau gundang eksportir kopi, Kamis (10/6). Waspada/Eri Tanara

REDELONG (Waspada): Tim Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) melakukan penelitian terkait tindak lanjut pembangunan Dryport (Pelabuhan Darat) di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, Kamis (10/6).

Informasi yang diperoleh Waspada, Tim Kemenhub RI beserta jajaran Pemkab Bener Meriah mulai melakukan penijauan langsung kebeberapa gudang eksportir kopi dikabupaten setempat.

Selain mengunjungi gudang eksportir kopi, tim juga meninjau kebun percontohan kopi gayo (BPTP-Pondok Gajah) dan kebun milik warga Kampung Kenawat, Kecamatan Bukit, Bener Meriah.

Selanjutnya, tim bersama rombongan Pemkab Bener Meriah bergerak melihat infrastruktur jalan menuju pelabuhan Krueng Geukueh Lhokseumawe.

Direktur Pelabuhan Krueng Geukeuh Pelindo I, Azwar menyampaikan, pihaknya siap melayani bongkar muat khususnya untuk komoditi ekspor kopi.

Dirinya juga mengaku pelabuhan Krueng Geukeuh sudah memiliki ijin ekspor dan termasuk sudah memiliki gudang serta fasilitas serta fasilitas pendukung lainnya.

Selain itu, Plt Bupati Bener Meriah, Dailami kepada Tim Kemenhub RI mengatakan, pihaknya sudah sangat mendukung penuh pembanguan Dryport tersebut dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Pemkab Bener Meriah akan melengkapi persyaratan termasuk data yang diperlukan, kami juga selalu berkonsultasi dengan pihak provinsi, apalagi terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan,” sebutnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bener Meriah, Ilham Abdi kepada Waspada mengatakan, tujuan kedatangan tim dari Kemenhub itu untuk mengkaji layak atau tidak layaknya pembangunan Dryport tersebut.

“Artinya mereka melakukan penelitian atau mengkaji apakah layak pembangunan Dryport itu di Bener Meriah,” ujarnya.

Ia menambahkan, nantinya pihak Kemenhub RI juga akan menentukan tempat atau lahan Dryport yang akan dibangun.

“Intinya kedatangan mereka untuk mengambil bahan penelitan yang akan dibahas nantinya di pemerintah pusat,” katanya. (cet)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2