Waspada
Waspada » Kapoldasu Ingin Tinggalkan ‘Jejak Baik’
Headlines Medan

Kapoldasu Ingin Tinggalkan ‘Jejak Baik’

Kapoldasu Irjen Martuani Sormin didampingi sejumlah pejabat utama Poldasu saat menerima audiensi pengurus PWI Sumut di ruang perjamuan Lt. II Mapolda Sumut, Senin (8/2). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Martuani Sormin mengatakan akan berusaha meninggalkan ‘jejak baik’ ketika memimpin kepolisian di Sumut.

“Sebagai putra daerah Sumatera Utara saya berusaha melakukan hal-hal yang bisa membantu kehidupan masyarakat. Namun apa yang saya lakukan tidak harus diketahui semua orang,” ujar Kapolda Sumut ketika menerima audiensi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut di ruang perjamuan Lt. II Mapolda Sumut, Senin (8/2).

Irjen Martuani Sormin mengatakan, banyak orang yang menduga ia akan mencari “aman” dan “nyaman” menjelang masa pensiun. “Sudah 34 tahun saya bertugas di kepolisian namun baru dapat kali ini dapat kesempatan di Sumut. Untuk itu saya akan berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat Sumut khususnya dalam penegakan hukum,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Sumut didampingi Dir Intelkam Kombes Dwi Indra Maulana, Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Drs. Armia Fahmi dan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi. Sementara dari pengurus PWI Sumut yang beraudiensi, Sekretaris Edward Thahir, Wakil Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal R Surya.

Audiensi dalam rangka silaturahmi sekaligus memberikan undangan untuk mengikuti peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 secara virtual di Aula HT Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu pada Selasa, 9 Februari.

Lebih lanjut perwira tinggi yang pernah bertugas di sejumlah daerah “rawan” di Indonesia seperti Aceh, Sumatera Selatan, Papua dan DKI Jakarta ini mengatakan, menjadi polisi harus memiliki seni tersendiri hingga bisa diterima oleh masyarakat setempat. “Ketika saya mengakhiri tugas sebagai Kapolda Papua, masyarakat setempat minta saya tetap tugas di sana sebagai gubernur,” ungkapnya.

Irjen Martuani Sormin yang juga akrab dengan Gubsu Edy Rahmayadi juga mengungkapkan kebanggaannya ketika menjadi Kapolsek Gambir, Jakarta Pusat. “Sebagai ‘orang kampung’ saya tidak menduga bisa berdiri di depan pagar Istana Negara. Tidak sembarang orang dapat kesempatan memimpin wilayah yang termasuk Istana Negara,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Kapolda juga bicara mengenai situasi kamtibmas Sumut saat ini. “Situasi wilayah hukum Polda Sumut saat ini masih aman dan kondusif. Namun kasus tindak pidana tertinggi di Sumut masih terkait peredaran narkotika. Kami juga terus berupaya memberantas perjudian terutama jenis togel di wilayah Sumut,” ungkap Kapolda.

Selain itu, Kapolda Sumut juga menjelaskan perkembangan pandemi Covid-19 di Sumut mulai membaik di mana sekarang peringkat ke-12. Sebelumnya Sumut peringkat 9 secara nasional. “Kita membutuhkan dukungan media untuk menyosialisasikan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran Covid-19.

Demikian pula penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Sumut berjalan aman dan lancar khususnya di Nias yang selama ini sering terjadi permasalahan.

Diterima Wakajatisu

Pengurus PWI Sumut juga beraudiensi ke Kejaksaan Tinggi Sumut. Dalam audiensi itu Edward Thahir, Khairul Muslim dan Rizal R Surya diterima Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Jacob Hendrik Pattipeilohy dan Kasipenkum Sumanggar Siagian.

Wakajatisu Jacob Hendrik mengatakan, peran pers sangat penting dalam mendukung kerja kejaksaan. “Masyarakat tidak tahu apa yang telah kami kerjakan tanpa pemberitaan pers,” ujarnya.

Yang paling penting katanya tema HPN 2021 sejalan dengan apa yang sedang dilakukan kejaksaan khususnya dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Saya siap hadir pada peringatan HPN 2021,” tegasnya. (m06)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2