Waspada
Waspada » Kapoldasu Dan Pangdam Siap Pantau Titik Rawan Pilkada
Headlines

Kapoldasu Dan Pangdam Siap Pantau Titik Rawan Pilkada

KAPOLDA Sumut Irjen Pol. Martuani Sormin menerima kedatangan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin di Mapoldasu, Senin  (30/11). Waspada/Ist
KAPOLDA Sumut Irjen Pol. Martuani Sormin menerima kedatangan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin di Mapoldasu, Senin  (30/11). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Menjelang Pilkada serentak 9 Desember mendatang, Poldasu Sumut dan Kodam I/BB meningkatkan konsolidasi dan sinergi. Bahkan Kapoldasu dan Pangdam siap pantau daerah titik rawan pada pelaksanaan Pilkada.

Hal itu disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin saat silaturahmi dengan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin di Mapolda Sumut, Senin (30/11).

“Selain silaturahmi, kita melakukan kordinasi dengan Polda Sumut untuk lebih meningkatkan sinergitas yang selama ini sudah berjalan baik,” ujarnya.

Terkait pengamanan Pilkada di Sumut, Hasanuddin mengatakan, Kodam I/BB sudah menyusun langkah-langkah, dan personel yang akan diturunkan ke lapangan berkordinasi dengan Polda Sumut.

“Soliditas dan kerja sama Polda dan Kodam tidak bertepi, sinergitas tidak diragukan lagi,” sebutnya.

Pangdam juga menegaskan pihaknya akan menindak tegas siapapun yang mencoba mengganggu keutuhan NKRI khususnya di Sumut. Menurutnya, tidak akan ada kelompok-kelompok yang merusak atau mengadu domba tentang keamanan di wilayah kerjanya.

“Tindakan tegas itu sama dimana saja. Di sini juga (Sumut). Intinya yang merusak NKRI akan ditindak tegas,” ujar jenderal bintang dua itu.

Tidak Diragukan Lagi

Sementara Kapolda Sumut Irjen Pol. Martuani Sormin menyatakan, soliditas Polri dan TNI menjaga keutuhan NKRI terutama dalam pengamanan Pilkada di Sumut tidak diragukan lagi.

Dia menuturkan, TNI-Polri akan selalu bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Sumut.

Dalam pelaksanaan Pilkada di 23 kabupaten/kota dengan 20.000 lebih TPS, Kapoldasu dan Pangdam I/BB akan langsung akan turun ke lapangan memantau daerah yang paling rawan Pilkada.

“Kami sudah sepakat dengan Pangdam, dimana titik-titik paling rawan Pilkada, Kapolda dan Pangdam akan turun langsung memantau situasi, demikian juga ditingkat daerah, Kapolresnya dan Dandimnya,” katanya.

Untuk pengamanan Pilkada, Kodam I/BB menurunkan personel 11 ribu lebih memback up Polda Sumut, dan terhadap daerah paling rawan dan rawan, pengamanan akan lebih diperketat.

Sedangkan Polda Sumut mempersiapkan 2/3 kekuatannya untuk mengamankan Pilkada serentak di Sumut. (m10)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2